Sign Up search

mom-life

Kenali Bentuk Vulva pada Miss V yang Sehat Yuk, Bun

Asri Ediyati Kamis, 27 Jun 2019 17:32 WIB
Kenali Bentuk Vulva pada Miss V yang Sehat Yuk, Bun
Jakarta - Mungkin beberapa dari kita abai atau bahkan enggak tahu dengan bentuk miss v yang sehat dan normal. Padahal itu salah satu kunci untuk memiliki kehidupan seksual yang sehat, lho. Menurut dr.Radityo Anugerah, Sp.KK, jika periksa sendiri, maka yang bisa kita lihat adalah bagian vulva (bagian luar yang terlihat).

"Kalau vagina kan enggak bisa lihat karena dia letaknya di dalam, kalau vulva yang bentuk normal variannya banyak. Beda ras, beda berat badan itu sudah beda," kata Radityo kepada HaiBunda.

Namun, kata Radityo, yang bisa dinilai itu ada beberapa orang suka kalau bagian luarnya, labia mayora lebih plump. Semakin berusia bentuknya semakin mengkerut 'lebih keriting'.


"Makanya ada beberapa orang senang dengan peremajaan vagina karena enggak suka dengan vulvanya menjadi hitam, bagi mereka itu jadi enggak menarik," kata Radityo.

Untuk mengetahui bentuk vulva pada miss v, Bunda bisa melakukan pemeriksaan sendiri di rumah. Dilansir WebMD, pemeriksaan sendiri dapat membantu kita menemukan tanda-tanda penyakit menular seksual (PMS) atau perubahan pada vulva yang bisa menandakan masalah kesehatan lainnya.

Bintik-bintik, luka, atau benjolan bisa menjadi tanda awal kanker vulva dan harus diperiksa oleh dokter. Pemeriksaan sendiri juga dapat membantu Bunda mendeteksi perubahan pada dinding vagina dan mungkin leher rahim.

Kenali Bentuk Vulva pada Miss V yang Sehat Yuk, BunGambaran miss v/ Foto: iStock
Berikut beberapa hal yang dapat Bunda gunakan:

1. Cermin genggam
2. Senter atau cahaya kecil lainnya
3. Diagram tentang alat kelamin dengan semua bagian berlabel
4. Bantal dan handuk

Caranya lepaskan pakaian dari pinggang ke bawah. Duduk di tempat tidur atau handuk di lantai di dinding dengan punggung ditopang oleh bantal. Tarik kaki ke arah pantat dan rentangkan kaki. Relakskan otot panggul. Kemudian periksa bagian-bagian vulva: klitoris, dan labia bagian luar dan dalam.

Perhatikan warna dan ukuran masing-masing bagian, jadi jika ada perubahan Bunda akan mudah melihatnya. Kemudian, Bunda mungkin perlu sedikit menarik kembali tudung klitoris. Bunda mungkin juga harus membentangkan rambut kemaluan untuk bisa melihat dengan jelas dari area tersebut.

Lalu, miringkan cermin dan cahaya sehingga Bunda bisa melihat ke dalam vagina. Dinding harus berwarna merah muda. Jika Bunda merasa nyaman, letakkan jari di dalam vagina dan rasakan di sepanjang dinding vagina. Bunda mungkin memperhatikan rasanya sedikit seperti atap mulut.

Jika Bunda mendorong sedikit lebih jauh, Bunda mungkin merasakan serviks (leher rahim). Rasanya seperti memegang ujung hidung. Kalau masih takut dengan pemeriksaan sendiri, Bunda bisa ke dokter spesialis kulit dan kelamin atau ke obgyn.

Simak juga keluhan umum yang dialami wanita pada area miss v di video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi