mom-life

7 Herba yang Dipercaya Bisa Jadi Obat Kuat Pasangan Suami Istri

Melly Febrida Sabtu, 13 Jul 2019 18:00 WIB
7 Herba yang Dipercaya Bisa Jadi Obat Kuat Pasangan Suami Istri
Jakarta - Ketika gairah seksual menurun, berbagai suplemen atau utamanya ramuan herbal , kerap dijadikan solusi karena dianggap sebagai 'obat kuat'. Namun, tetap waspada dalam penggunaannya ya, Bunda dan Ayah.

Untuk obat kuat yang beredar di Indonesia, dr Andri Wanananda, MS, mengimbau untuk memastikan bahwa obat yang digunakan sudah lolos uji klinis dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Kementerian Kesehatan.




"Harus diuji klinis untuk apa, untuk melihat apakah obat ini benar-benar bermanfaat atau tidak, ada efek sampingnya atau tidak. Jangan karena tidak mau keluar biaya, produsen obat tidak melakukan penelitian dan mengesampingkan faktor keamanan pasien," kata Andri dikutip dari detikcom.

Janet Brito PhD, LCSW, CST, terapis seks bersertifikat menuliskan ada sedikit penelitian yang menunjukkan pada beberapa orang, ramuan herbal bisa bermanfaat untuk menambah gairah bercintanya. Namun, Brito menegaskan masyarakat harus tetap waspada apalagi jika memakai obat herbal tanpa persetujuan dokter mereka.

"Beberapa obat-obatan herbal dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang ada, dan Food and Drug Administration (FDA) tidak mengaturnya. Karena alasan ini, kualitas, kemurnian, dan keamanannya tetap tidak jelas,'" kata Brito mengutip Medical News Today.

Peneliti di Universitas Columbia menemukan bukti bahwa ramuan herbal dapat bertindak sebagai obat kuat yang meningkatkan hasrat seksual, energi, kinerja, dan orgasme pada pria dan wanita. Meski begitu, tetap enggak boleh sembarangan menggunakannya, Bun.

[Gambas:Instagram]



"Tetap tidak boleh dipakai untuk mengobati sendiri masalah yang seharusnya perlu diperiksa dokter. Suplemen alami ini juga bisa berinteraksi dengan tubuh atau obat lainnya. Jadi, penting mendiskusikan dengan dokter sebelum memakainya," papar Brito.

Berikut beberapa herbal yang katanya bisa sebagai obat kuat pria dan wanita mengutip How Stuff Works:

1. Ginseng

Ginseng, cara bekerjanya mirip dengan Ginko Biloba. Yakni, meningkatkan aliran darah melalui bagian tubuh bawah pria. Kemudian, membantu wanita meningkatkan kehidupan seksualnya.

Menurut peneliti kemungkinan besar karena mempengaruhi sistem dopamin [https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1507892/cara-sehat-mengontrol-gairah-seks], yang merupakan sistem otak kompleks yang memicu dorongan seksual. Lebih dari separuh pria dan wanita dalam studi melaporkan konsumsi gingseng membantu peningkatan mood.

Ilustrasi herba obat kuatIlustrasi herba obat kuat/ Foto: iStock
2. Maca (Ginseng Peru)

Maca lebih dikenal sebagai 'Ginseng Peru'. Obat kuat ini tumbuh di daerah dataran tinggi Peru. Maca terkenal bisa meningkatkan gairah seks pada pria dan wanita. Dilansir Discovery Health, beberapa percobaan pada hewan jantan dan betina menunjukkan hasil gairah seks pada dua kelompok tersebut meningkat setelah diberi maca.

3. Horny goat weed

Ini adalah tanaman rimbun yang tumbuh di dataran tinggi dan dipercaya bisa meningkatkan libido. Untuk pria khususnya, ramuan ini diyakini berperan dalam membantu menangani disfungsi ereksi atau DE. Ramuan ini paling mudah dicerna dalam bentuk teh.

4. Kava

Kava bisa menenangkan saraf dan mengurangi stres pada pria dan wanita. Seperti kita tahu, stres jadi salah satu penyebab paling umum rendahnya gairah seksual. Kava disebut dapat membantu disfungsi seksual yang disebabkan oleh masalah mental yang disebabkan oleh diri sendiri.

Suplemen ini status hukumnya dipertanyakan, tetapi saat ini legal di sebagian besar negara terutama di Amerika dan Eropa, kecuali Kanada dan Prancis.

5. L-Arginine

Asam amino ini disebut sebagai pengganti viagra untuk pria dan wanita dengan meningkatkan jumlah aliran darah melalui organ tubuh. Meningkatnya aliran darah pada pria bisa membuatnya ereksi lebih lama. Sedangkan, pada wanita aliran darah yang lancar bisa membuatnya lebih sensitif terhadap stimulasi.


6. Vitamin E

Beberapa orang suka menyebut vitamin E sebagai vitamin seksual. Sebab, vitamin E telah membantu produksi hormon seks yang membuat seseorang lebih relaks dan bergairah.



7. Ginko Biloba

Ginko Biloba terkenal karena kemampuannya meningkatkan sirkulasi dan memori pada orang dewasa. Tapi, pada pria ginko biloba bisa membantunya ereksi lebih kuat dan lama.

Bahan kimia yang sama, nitric oxide, yang distimulasi oleh ginko biloba dapat mengendurkan dinding arteri dalam sistem peredaran darah. Sehingga, seseorang lebih santai dan relaks.

Bunda sedang mengandung? Ketahui manfaat senam hamil di video di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi