kehamilan

Soda Bikin Bunda Susah Hamil, Mitos atau Fakta?

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 13 Jul 2019 10:58 WIB
Soda Bikin Bunda Susah Hamil, Mitos atau Fakta?
Jakarta - Sebagian pasangan tak ingin jarak kelahiran anak-anaknya terlalu dekat. Berbagai cara dilakukan untuk mencegah kehamilan atau biasa disebut dengan istilah 'kebobolan' ya, Bun.

Banyak di antaranya yang kemudian memilih untuk memasang KB nih, Bun. Tapi, ada juga lho yang memilih cara alami untuk mengatur jarak kelahiran anak-anaknya.

Sebagian pasangan percaya kalau soda bisa mencegah kehamilan. Pernah mendengarnya juga? Sampai saat ini, hal tersebut ternyata masih diperdebatkan banyak kalangan.


Dalam jurnal Epidemiology yang dilansir Medical News Today disebutkan bahwa mengonsumsi satu atau lebih minuman manis termasuk soda setiap hari, memang dikaitkan dengan berkurangnya kesuburan baik untuk pria maupun wanita, Bun.

Efektifkah Cegah Kehamilan dengan Soda?Soda cegah kehamilan/ Foto: iStock

Tidak hanya itu, mengonsumsi soda juga dikaitkan dengan menstruasi dini dan kualitas semen yang buruk. Serta, wanita yang minum setidaknya satu soda per hari menunjukkan konsepsi bulanan 25 persen lebih rendah. Sementara untuk pria yang minum setidaknya satu soda per hari memiliki kemungkinan 33 persen lebih rendah untuk berhasil hamil dengan pasangannya.

"Kami menemukan hubungan positif antara asupan manis dan kesuburan yang lebih rendah dimana secara konsisten setelah mengendalikan banyak faktor lain seperti obesitas, kafein, alkohol, merokok, dan kualitas diet keseluruhan," ujar Elizabeth Hatch, penulis studi utama yang juga seorang profesor epidemiologi.

Meskipun soda memengaruhi kesuburan bagi pasangan, penggunaan soda untuk douching usai berhubungan seks nyatanya tidaklah efektif dijadikan sebagai alat kontrasepsi, seperti dikutip dari laman Stayteen.

Alasannya, soda tidaklah terlalu efektif dalam membunuh sperma. Dan perlu diingat bahwa douching menggunakan varietas apa pun bukanlah metode pencegahan kehamilan yang efektif. Sebab, sperma merupakan perenang yang sangat cepat dan ratusan ribu dari mereka dapat mencapai kanal serviks dimana sel telur berada dalam hitungan detik. Artinya, risiko kehamilan tetaplah ada.

Selan itu, douching menggunakan soda justru mendapatkan efek kesehatan negatif lainnya. Karena keasaman soda dapat menghilangkan karat dari logam tentunya Bunda dapat membayangkan apa yang akan terjadi pada jaringan sensitif di vagina.

Ya, soda dapat merusak lapisan atas sel dan dapat membuat wanita jadi lebih rentan terhadap penyakit menular seksual (PMS). Serta, bakteri baik yang membantu menjaga vagina tetap sehat dapat dipengaruhi oleh tingginya kadar gula dalam soda. Hal inilah yang dapat menyebabkan infeksi jamur dan infeksi bakteri.

Jadi, jangan sembarangan melakukan douching terutama menggunakan soda setelah berhubungan seks ya, Bun. Selain tidak efektif mencegah kehamilan, soda bukanlah spermisida yang baik dan justru akan menyakiti area vagina yang sensitif. Ingat, Bun, ada banyak metode kontrasepsi lainnya yang lebih efektif dan mudah digunakan. Lebih baik mencari alternatif kontrasepsi lain bukan?

Semoga membantu!

Lihat yuk, Bun, cara membedakan hamil anggur dan hamil di luar kandungan dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi