mom-life

Couple Goals! Kahiyang Ayu & Bobby Kompak Berbagi Tugas Urus Anak

Maya Sofia Minggu, 04 Aug 2019 11:04 WIB
Couple Goals! Kahiyang Ayu & Bobby Kompak Berbagi Tugas Urus Anak
Jakarta - Semenjak menjadi ibu dari Sedah Mirah Nasution, hari-hari Kahiyang Ayu lebih menyenangkan. Bagi anak perempuan Presiden Joko Widodo tersebut, menjadi seorang ibu muda memiliki kepuasan tersendiri.

"Sebagai ibu muda menyenangkan, kan 24 jam sama anak semua sekarang. Tentang anak pokoknya nyenengin saja," ujar Kahiyang di salah satu mal di kawasan Jakarta, beberapa waktu lalu, dikutip dari Insertlive.

Sedah yang baru saja genap berusia satu tahun pada Kamis (1/9/2019), ujar Kahiyang, tumbuh menjadi anak yang aktif. Sedah bahkan tak takut jika melihat orang banyak.


"Untungnya Sedah Mirah enggak takut kalau ketemu orang banyak, emaknya yang takut tapi," ucapnya.

Kahiyang khawatir orang-orang yang gemas terhadap putrinya akan melakukan hal-hal yang membahayakan.

"Kan kadang-kadang orang tuh suka gemas kan, cuma takutnya nanti asal-asal megang, asal cium kan takutnya enggak bisa jaga. Dahulu hampir dicium giliran ditegur marah orangnya," kata perempuan berusia 28 tahun ini.

Lebih lanjut, Kahiyang menuturkan bahwa ia dan sang suami, Bobby Nasution, selalu berbagi tugas menjaga Sedah. Kahiyang biasanya akan mengurus Sedah dari hari Senin-Jumat. Sementara itu, Bobby membantu mengurus Sedah di akhir pekan, Sabtu-Minggu.

"Kalau Sabtu-Minggu sama Bobby, Senin sampai Jumat sama aku," ujar Kahiyang.

Kahiyang mengatakan, sistem ini diberlakukan karena kesibukan sang suami yang bekerja dan hanya libur di akhir pekan.

"Kan maksudnya Bobby, Senin sampai Jumat kerja, Sabtu-Minggu waktunya dia sama Sedah," katanya.

Kompak, Saat Kahiyang Ayu dan Bobby Berbagi Tugas Mengurus AnakSedah Mirah bersama Bunda Kahiyang Ayu. (Foto: InsertLive)

Namanya mengasuh anak, pasti jadi 'pekerjaan' buat kita dan suami ya, Bun. Jadi enggak cuma buat istri atau suami saja. Dikutip dari detikcom, psikolog Elly Risman mengatakan baik ayah maupun ibu harus memiliki peran aktif. Jangan hanya mengandalkan pengasuhan dari ibu saja karena bagaimanapun juga ada kebutuhan dari anak terhadap sosok peran seorang ayah.

Kata Elly, ketika ayah kurang berperan dalam pengasuhan anak, pastinya akan dampak buruk baik bagi anak laki-laki maupun perempuan.

Sementara itu, psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina menambahkan, tugas ayah dalam mengurus anak salah satunya mengajak si kecil melakukan aktivitas fisik, seperti mengajak bermain di taman, berolahraga dan melakukan piknik bersama.



"Berbeda dengan ibu yang biasanya cenderung mengajak anak melakukan aktivitas santai seperti bernyanyi bersama atau mewarnai. Kedua aktivitas yang seimbang bisa memengaruhi kedekatan anak dengan orang tuanya," kata Nina.

Bunda juga bisa simak bagaimana cara Nadia Mulya mendidik anak-anaknya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi