mom-life

Kisah Andy Lau, Baru Jadi Ayah di Usia 50 Tahun

Maya Sofia Jumat, 02 Aug 2019 20:02 WIB
Kisah Andy Lau, Baru Jadi Ayah di Usia 50 Tahun
Jakarta - Usia bukan jadi kendala untuk menjadi orang tua. Hal ini dialami aktor asal Hong Kong Andy Lau dan sang istri, Carol Choo.

Pada Mei 2012, keduanya dikaruniai seorang anak perempuan, Hanna Lau. Yang menarik, saat itu usia Andy dan Carol tidak muda lagi. Andy berusia 50 tahun, sementara sang istri 46 tahun.

Mengutip Asia One, Andy mengungkapkan akan berusaha menjadi seorang ayah yang baik bagi Hanna yang saat ini sudah berusia tujuh tahun. Semenjak memiliki anak, Andy memang lebih tertutup soal kehidupan pribadinya.


Aktor yang populer di Indonesia lewat serial The Return of the Condor Heroes tersebut diketahui tak pernah mengunggah foto istri maupun anaknya di media sosial hingga saat ini.

Kisah Andy Lau, Baru Jadi Ayah di Usia 50 TahunAndy Lau. (Foto: Getty Images)

Memiliki seorang anak di usia 50 tahun seperti Andy Lau bisa saja terjadi ya, Bun. Namun mengutip Your Fertility, pria berusia di bawah 40 tahun memiliki kesempatan mendapatkan anak lebih besar dibanding pria berusia di atas 40 tahun.

Sebabnya,kualitas sperma pria semakin menurun dengan bertambahnya usia. Pria dapat memproduksi jutaan sperma setiap hari, tapi jika sudah memasuki usia 40 tahun ke atas, sperma yang berkualitas dan sehat jumlahnya hanya sedikit. Jumlah cairan sperma dan pergerakannya juga semakin turun.

"Ketika pria semakin tua, mereka tidak kehilangan banyak kesuburan seperti yang dialami wanita. Kesuburan memang berkurang tapi tidak hilang. Hanya sedikit pria yang menjadi tidak subur karena usia," ujar Jon Aitken, profesor Bilologi di University of Newcastle.

Menurut Aitken, semakin bertambahnya usia, kualitas sperma akan menurun dan kemungkinan besar dapat mengakibatkan penyakit genetik pada anak yang baru lahir. Beberapa tahun terakhir, banyak peneliti percaya bahwa kelainan pada anak seperti autisme, bipolar, dan epilepsi berkaitan dengan usia ayah saat melakukan pembuahan.

"Pada pria, kualitas sperma mulai menurun di usia 35 tahun," ucap Aitken.

Bunda dan Ayah juga bisa simak jenis makanan untuk menghasilkan Mr.P yang sehat dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi