moms-life

Niat dan Waktu untuk Mengawali Puasa Arafah yang Perlu Bunda Tahu

Ratih Wulan Pinandu Senin, 05 Aug 2019 11:36 WIB
Niat dan Waktu untuk Mengawali Puasa Arafah yang Perlu Bunda Tahu
Jakarta - Seminggu jelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019, banyak Bunda yang ingin menjalankan puasa Arafah. Ibadah sunnah yang satu ini memang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, Bun. Terutama untuk mereka yang enggak menjalankan ibadah haji.

Melansir laman NU online, puasa Arafah memiliki keutamaan yang sangat besar, seperti dalam riwayat HR Muslim. "Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharam) menghapus dosa setahun yang lalu."

Lalu, kapan sebaiknya melakukan puasa Arafah? Bunda, puasa sunah tersebut dilakukan pada tanggal 9 Zulhijah, atau hanya sehari sebelum tanggal 10 Zulhijah. Bertepatan dengan jamaah haji melakukan wuquf di Arafah, Bun.


Pada beberapa orang, ada yang menjalankan puasa dua hari jelang Hari Raya Idul Adha, lalu bagaimana hukumnya menurut Islam? Masih menurut ulasan NU online, ternyata puasa yang dikerjakan pada tanggal 8 Zulhijah disebut sebagai puasa Tarwiyah.

Niat dan Waktu untuk Mengawali Puasa Arafah yang Perlu Bunda TahuNiat dan waktu puasa Arafah/ Foto: iStock

Sedangkan untuk niatnya, bisa Bunda lafalkan atau batin di dalam hati malam sebelum puasa. Kalau memang lupa, Bunda bisa meniatkan saat itu juga asalkan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa di hari itu.

"Niatkan tempatnya di hati. Saya berniat puasa sunah di bulan Zulhijah karena Allah," kata ustaz KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi dikutip dari CNN Indonesia.

"Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya, " Saya berniat puasa sunah Arafah karena Allah ta'ala."

Sedangkan untuk puasa Tarwiyah di tanggal 10 Agustus 2019, berikut niatnya. "Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya, "Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta'ala."

Bunda, berikut cara mencegah lemas saat puasa. Lihat video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi