Sign Up search


moms-life

Hubungan Seksual yang Sehat Bantu Bunda & Ayah Awet Muda

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 14 Aug 2019 20:01 WIB
Hubungan Seksual yang Sehat Bantu Bunda & Ayah Awet Muda
Jakarta - Bicara tentang hubungan pasangan suami istri (pasutri), hubungan seks jadi salah satu topik yang tak pernah lupa dibahas. Sudah pasti, hubungan seksual yang sehat bisa mendatangkan manfaat bagi pasutri, Bun. Salah satunya awet muda.

Studi yang dilakukan psikolog klinis, Dr.David Weeks mengatakan, bercinta dengan rutin bisa membuat pasangan suami istri lima sampai tujuh tahun lebih muda. Untuk studi ini, Weeks dan tim mewawancarai ribuan pasangan suami istri tentang kualitas dan frekuensi hubungan intimnya.

"Kami menemukan pasangan yang tampak lebih muda dari usianya bercinta rutin minimal tiga kali seminggu. Bahkan, hubungan intim bisa menambah angka harapan hidup," kata Weeks kepada Huffington Post, dikutip dari Refinery29.


Tapi, Weeks menekankan hubungan seks yang bermanfaat adalah hubungan seks yang sehat dan menyenangkan. Bukan hubungan seks yang justru membuat stres dan bikin pasangan tidak bahagia.

Dikutip dari Psych Alive, memang enggak ada ketentuan seberapa sering pasutri disarankan bercinta. Tapi, pada prinsipnya, hubungan seksual yang sehat memiliki tingkat keintiman yang tinggi dan pengalaman menenangkan serta menyenangkan di antara pasangan secara konsisten.

Pasangan yang menunjukkan kasih sayang dan mendapat pengakuan merasa lebih puas dan terhubung secara lebih positif. Tapi, ketika keintiman, pengakuan, dan pengalaman menyenangkan itu enggak ada, pasangan bisa merasa ditolak, emosi, dan merasa dihukum. Akibatnya, hilanglah keinginannya untuk tampil lebih atraktif di depan pasangan.

ilustrasi hubungan seksualilustrasi hubungan seksual/ Foto: istock
"Orientasi hubungan seksual yang sehat direfleksikan dengan kehadiran dan atraktivitas, lalu kemampuan pasangan untuk bisa menyayangi dan bersikap lembut satu sama lain," tutur psikolog dan penulis Sex and Love in Intimate Relationships, Dr.Robert Firestone.


Stabilnya kombinasi cinta, kontak, dan persahabatan sejati di antara pasangan amat bermanfaat dalam mempertahankan langgengnya rumah tangga. Selain itu, kondisi tersebut juga baik bagi kesehatan mental pasangan suami istri.

Bunda, ini dia cerita Oka Antara tentang hal yang sering bikin dia dan sang istri ribut. Simak di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi