mom-life

Resep Ayam Kalio, Bumbunya Meresap Hingga ke Daging

Maya Sofia Kamis, 15 Aug 2019 11:59 WIB
Resep Ayam Kalio, Bumbunya Meresap Hingga ke Daging
Jakarta - Bunda yang berasal dari Minangkabau pastinya sudah akrab dengan hidangan yang satu ini, kalio. Nah, tak sedikit yang mengira bahwa kalio adalah rendang karena tampilannya yang sedikit serupa.

Padahal, kalio adalah proses di tengah antara gulai dan rendang. Mengutip detikcom, untuk beberapa daerah terutama di Jawa, kalio biasanya disebut sebagai rendang.

Kali ini, HaiBunda akan membagikan resep ayam kalio yang juga tak kalah nikmat. Simak selengkapnya dipandu chef Dea Vialdo dalam program Semua Bisa Masak Trans TV.


Bahan:

1/2 ekor ayam potong

450 ml santan kental

1 buah jeruk nipis

Garam secukupnya

2 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

100 gram cabai merah keriting

5 siung bawang merah

4 ruas lengkuas

7 siung bawang putih

1 ruas kunyit

2 ruas jahe

Garam secukupnya

1/2 sdm ketumbar

Resep Ayam Kalio, Bumbunya Meresap Hingga ke Daging Resep Ayam Kalio/ Foto: Dok. Semua Bisa Masak Trans TV
Cara membuat:

1. Pertama-tama, taruh ayam potong di dalam mangkuk. Beri perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Lalu aduk hingga semua bumbu meresap. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 - 15 menit.

2. Siapkan blender dan masukkan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas, cabai merah keriting, garam, dan air secukupnya. Setelah itu, blend hingga semua bahan halus.

3. Selanjutnya, siapkan teflon yang sudah diberi minyak. Masukkan ayam yang sudah dibumbui tadi, lalu goreng hingga seperempat matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

4. Siapkan teflon dan beri minyak secukupnya. Masukkan bumbu halus yang sudah dibuat, sereh, daun jeruk, salam. Tumis hingga harum. Kemudian tambahkan santan kental, ayam yang sudah digoreng. Beri garam dan lada secukupnya. Setelah itu, masak hingga matang dan mengental.

5. Siapkan piring saji. Letakkan ayam kalio dan siram dengan kuah di atasnya. Beri irisan cabai, tomat ceri dan parsley sebagai hiasan.

6. Selamat menikmati.

Bunda bisa melihat cara pembuatan resep Ayam Kalio selengkapnya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi