moms-life

Pentingnya Pemilihan Warna dan Pencahayaan di Dapur Kecil

Asri Ediyati Selasa, 03 Sep 2019 19:30 WIB
Pentingnya Pemilihan Warna dan Pencahayaan di Dapur Kecil
Jakarta - Pemilihan warna interior rumah terkadang bisa jadi bahan diskusi panjang sebuah keluarga. Ya, warna interior bisa memengaruhi banyak hal, termasuk mood penghuni dan luas ruangan. Untuk itu pemilihan warna sebuah ruangan haruslah tepat.

Salah satu ruang rumah yang sering dipakai adalah dapur. Lalu, jika dapur kecil, bagaimana untuk pemilihan warnanya? Soal ini CEO Dekoruma Dimas Harry Priawan menjawab, untuk dapur yang kecil itu warnanya usahakan lebih cerah seperti cokelat muda.

"Kalau misalnya teman-teman itu bersih dan rapi, warna putih enggak masalah. Cuma kalau sudah ketahuan malas membersihkan, ART enggak ada, jangan yang warna putih. Tapi, kalau yang kelas berat, pakainya lebih gelap, karena jauh lebih tahan lama dan meskipun secara estetik enggak terlalu baik," ujar Dimas di sela-sela acara Launching Dapur Dama di Dekoruma Experience, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2019).

Selain pemilihan warna, yang tak kalah penting adalah pencahayaan. "Lighting itu penting sekali, jadi gampangnya gini kenapa kalau kita ke kafe kenapa suasananya bagus? Di rumah kita meskipun kita sudah dekorasi, desain tapi beda? Karena itu dipengaruhi lighting yang menciptakan ambience," kata Dimas.
ilustrasi dapur kecililustrasi dapur kecil/ Foto: iStock
Menurut Dimas, ada sainsnya tersendiri untuk masalah pencahayaan. Namun, sayangnya di Indonesia itu lighting industry belum terlalu maju. Sehingga belum ada yang bisa mendesain pencahayaan yakni lighting designer.


"Sementara itu di negara yang maju, seperti di negara tetangga, di Singapura, lighting designer adalah suatu pekerjaan," tutur Dimas.

Jadi secantik apa pun ruangannya, sebagus apa pun dekorasinya tapi kalau lighting-nya tidak didesain dengan baik akan terlihat hambar, Bun. "Terang gelap, ada lampu warna putih dan kuning itu ada ilmunya supaya ruangan terasa hangat. Itu kalau misalnya ke restoran yang sedikit high end itu beda banget. Jadi kesannya gelap, tapi juga terang, bisa melihat makanan," kata Dimas.

Sementara itu sebagai pengguna dapur harian, Chef Joey Natahan Kennedy, dapur perlu lighting yang bagus karena bisa pengaruhi proses memasak.

"Dapur perlu lighting yang bagus karena sebagai user-nya sendiri, di dapur, kalau sedang masak makanan Indonesia, kan harus meracik bumbu dulu. Warna juga kan harus dilihat, misalnya coklat keemasan, kalau lampunya salah bisa gagal," kata Joey yang merupakan finalis Masterchef Indonesia S5.

Simak juga fungsi rempah dapur melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi