mom-life

5 Cara Aman Gunakan Rice Cooker Berlapis Teflon

Melly Febrida Jumat, 16 Aug 2019 11:02 WIB
5 Cara Aman Gunakan Rice Cooker Berlapis Teflon
Jakarta - Kebanyakan bagian dalam rice cooker dilapis lapisan antilengket yakni teflon.Namun, beberapa produsen memilih menggunakan lapisan stainless steel.

Belakangan ini orang khawatir dengan bahaya mengonsumsi makanan yang telah dimasak dengan peralatan masak berlapis teflon. Sebab, disebutkan memasak dengan teflon bisa memicu beberapa penyakit, salah satunya kanker.

Dalam keseharian, peralatan masak antilengket, seperti frypans, saucepans maupun pot rice cooker, dilapisi dengan bahan yang disebut polytetrafluoroethylene (PTFE) dan umum dikenal sebagai Teflon.


Teflon sebenarnya bahan kimia sintetis yang terbuat dari atom karbon dan fluor. Permukaan antilengket membuat peralatan masak berlapis teflon nyaman digunakan dan mudah dibersihkan.

Namun, selama dekade terakhir, keamanan peralatan masak antilengket ini diselidiki, Bun. Bahan kimia yang disebut asam perfluorooctanoic (PFOA) membuat khawatir.

Menurut Daisy Coyle, accredited practising dietitian (APD), PFOA ini sebelumnya digunakan untuk memproduksi peralatan masak antilengket, tetapi saat ini sudah tidak digunakan lagi. PFOA digunakan dalam produksi teflon hingga 2013.

"Saat ini, semua produk Teflon bebas PFOA. Oleh karena itu, efek kesehatan dari paparan PFOA tidak lagi memprihatinkan," ujar Coyle mengutip Health Line.

Coyle mengatakan, sejumlah studi kasus juga telah melaporkan efek samping yang lebih serius dari paparan teflon yang terlalu panas, termasuk kerusakan paru-paru. Tapi, kasus yang dilaporkan rata-rata jika terpapar asap dari peralatan masak Teflon pada suhu ekstrem setidaknya 390 derajat Celcius. Kemudian, terpapar untuk waktu yang lama setidaknya empat jam.

ilustrasi rice cookerilustrasi rice cooker/ Foto: iStock
Pada saat panas di atas 300 Celcius, pelapis teflon kemungkinan akan mulai rusak dan melepaskan asap beracun ke udara. Asap ini biaa menyebabkan gejala flu yang bersifat sementara yang dikenal sebagai demam asap polimer.

Dikutip dari ABC Net, Environmental Working Group (EWG), mengatakan teflon bisa berdampak buruk jika dipakai untuk memasak dengan suhu sampai 260 Celcius. Nah, rice cooker menggunakan lapisan teflon karena beras secara alami menjadi sedikit lengket ketika dimasak. Apabila bagian dalam panci rice cooker tidak dilapisi dengan permukaan non-lengket seperti Teflon, ini akan mempersulit untuk membersihkannya dan membuang-buang nasi.

Untuk meminimalkan risiko saat menggunakan peralatan masak dengan lapisan teflon, seperti rice cooker ataupun peralatan masak lainnya, Bunda bisa mengikuti tips-tips ini:

1. Jangan memanaskan panci kosong lebih dulu

Panci kosong bisa mencapai suhu tinggi dalam beberapa menit dan berpotensi menyebabkan pelepasan uap polimer. Pastikan Bunda memasukkan bahan masakan sebelum dipanaskan.



2. Hindari memasak dengan api besar

Usahakan memasak dengan api sedang atau rendah. Lalu hindari memanggang, karena teknik ini butuh suhu di atas yang direkomendasikan untuk peralatan masak antilengket.

3. Ventilasi dapur

Saat Bunda memasak, nyalakan kipas angin atau buka jendela untuk membantu keluarnya asap di dalam ruangan

4. Gunakan peralatan kayu, silikon atau plastik

Peralatan logam dapat menyebabkan goresan pada permukaan antilengket dan mengurangi usia peralatan masak.

5. Cuci peralatan masak dengan spons lembut agar lapisannya tak tergores. Ketika lapisan teflon sudah jelek, segera ganti dengan yang baru.

Bunda simak resep kerang merah bumbu pedas di video berikut yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi