sign up SIGN UP search


moms-life

Aturan Menu Makan Saat Jalani Diet OCD

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 06 Sep 2019 13:02 WIB
Bunda, Ayah, atau anggota keluarga berniat menjalani diet OCD? Ketahui dulu yuk, aturan menu makanan saat menerapkan diet OCD. caption
Jakarta - Diet yang dipopulerkan Deddy Corbuzier yakni Obsessive Corbuzier's Diet atau diet OCD bisa dipilih beberapa orang untuk menurunkan berat badan. Lantas, gimana aturan makannya?

Bunda mesti tahu nih, diet OCD tidak memiliki aturan khusus tentang jenis makanan apa saja yang boleh dikonsumsi. Demikian disampaikan ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko, MSc., RD,. Asal masih berada dalam batas kewajaran, makanan apapun boleh dikonsumsi.

"Meskipun demikian, ada baiknya jika Anda memilih makanan-makanan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin seperti sayur-sayuran, daging, dan buah-buahan," tutur Jansen saat ngobrol dengan HaiBunda.


Selain itu, makanan-makanan dengan kadar karbohidrat dan protein juga layak untuk dikonsumsi. Tujuannya, agar tubuh tetap mendapatkan suplai energi, sekalipun sedang 'berpuasa'.

"Karena diet OCD tetap memperbolehkan untuk minum, maka pastikan tubuh untuk selalu mendapat asupan air. Setidaknya setiap 1-2 jam sekali, minumlah air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi," tambah Jansen.

Dikutip dari detikcom dalam buku berjudul OCD, Deddy Corbuzier mengatakan makan pagi akan menghambat kesempatan pembakaran lemak saat mulai beraktivitas pagi hari setelah puasa tidur. Sedangkan, makan malam akan dibakar saat tidur hingga tidak akan menjadi masalah.

Agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kata Deddy mereka yang melakukannya harus fokus. Lebih baik jika dibarengi dengan olahraga dan jangan merasa terbebani. Lakukan itu setiap hari sampai merasa terbiasa.

Ilustrasi diet OCDIlustrasi diet OCD/ Foto: shutterstock
"Kalau Anda mau melakukan ini dan mindset Anda mau melakukan ini Anda akan beradaptasi. Beda dengan mau cari makanan ternyata nggak ada makanan. Otak Anda memerintahkan harus makan tapi enggak ada makanan, stres. Kalau otak Anda mengatakan, saya nggak boleh makan, jadi beda," kata Deddy.

Bunda, ingin punya kulit sehat? Coba resep jus detoks dalam video berikut. 

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!