sign up SIGN UP search


moms-life

Mengenal Lebih Jauh Diet OCD yang Dipopulerkan Deddy Corbuzier

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 06 Sep 2019 10:00 WIB
Diet OCD yang dipopulerkan Deddy Corbuzier bisa jadi pilihan beberapa orang untuk menurunkan berat badan. caption
Jakarta - Untuk menurunkan berat badan, berbagai macam jenis diet bisa diterapkan seseorang. Salah satunya yang dipopulerkan Deddy Corbuzier yakni Obsessive Corbuzier's Diet atau diet OCD.

Kata ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko, MSc., RD, hal yang perlu dilakukan bagi para pegiat diet OCD adalah mengatur jam makan. Dalam ilmu gizi, diet ini sama dengan Intermitten Fasting (IF) yaitu metode diet untuk menurunkan berat badan dengan cara puasa secara berkala.

"Dalam penerapan OCD, dikenal istilah yang dinamai 'jendela makan'. Jendela makan ini merujuk pada waktu ketika Anda diperbolehkan dan tidak diperbolehkan makan," papar Jansen kepada HaiBunda.


Lebih lanjut, Jansen menjelaskan ada empat tahapan jendela makan selama menjalani diet OCD. Keempat tahapan jendela makan tersebut yakni:

1. Jendela Makan Pertama, waktu makan selama 8 jam, puasa selama 16 jam.
2. Jendela Makan Kedua, waktu makan selama 6 jam, puasa selama 18 jam.
3. Jendela Makan Ketiga, waktu makan selama 4 jam, puasa selama 20 jam.
4. Jendela Makan Keempat, satu kali makan dalam sehari.

Mengutip buku Dietclopedia: 110 Rahasia Diet Sehat, menurut para ahli, diet OCD memang menyehatkan dan bisa mengurangi asupan gizi sejumlah 500 - 600 kkal saat berpuasa. Pengurangan asupan kalori ini bukan enggak mungkin membuat seseorang sulit untuk berkegiatan aktif seperti biasanya, tetapi bisa mengurangi risiko penyakit kronis dalam jangka panjang.

Puasa berkala juga bisa mengurangi kinerja sel-sel tubuh, tetapi bukan dalam konteks yang buruk. Kondisi ini justru dipercaya akan memperkuat sel-sel tersebut dalam melawan penyakit. Puasa berkala juga diyakini baik untuk kesehatan jantung dan otak, melawan kanker, dan memperpanjang usia.

ilustrasi diet OCD/ Foto: iStock
"Tapi, para ahli tidak menganjurkan puasa selama 24 jam penuh tanpa minum. Berpuasa selama 24 jam setiap hari juga tidak dianjurkan," tutur tim penulis.

Untuk Bunda yang enggak suka susu, protein bluberi ini bisa dicoba sebagai minuman diet.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi