moms-life

Penyebab Orang Dewasa Masih Ngompol Seperti Dialami Ashanty

Asri Ediyati Minggu, 08 Sep 2019 07:00 WIB
Penyebab Orang Dewasa Masih Ngompol Seperti Dialami Ashanty
Jakarta - Tak cuma anak kecil, orang dewasa pun masih ada yang ngompol. Seperti dialami penyanyi Ashanty, Bun. Istri dari Anang Hermansyah ini mengaku masih sering ngompol.

Dalam video di kanal YouTube-nya, baru-baru ini Ashanty buka-bukaan kalau dirinya masih sering ngompol. Saat itu, dia mengutarakan pada Anang kalau enggak bisa menahan hasrat untuk pipis. Untungnya, Anang sama sekali enggak merasa illfeel.

"Ya enggak apa-apa, emang kenapa sih," kata Anang.

Ya, beberapa orang dewasa ternyata masih ngompol, Bun. Kejadian ini dalam medis dikenal sebagai enuresis. Namun, jika Bunda mengalami ngompol sesekali, kemungkinan besar Bunda tak perlu khawatir. Lain halnya jika sering terjadi, maka Bunda perlu konsultasikan ke dokter.


Dilansir Health Line, ada beberapa penyebab orang dewasa masih ngompol. Pertama adalah masalah hormonal, pada orang yang sering ngompol, berarti tubuhnya tak menghasilkan cukup hormon antidiurektik (ADH). Kelainan ADH menjadi penyebab orang dewasa mengompol.

Anang dan AshantyAnang dan Ashanty/ Foto: Dok. Instagram
Selain hormonal, kandung kemih kecil juga membuat oran buang air kecil lebih sering, termasuk di malam hari. Kandung kemih kecil mungkin sulit ditangani selama tidur, dan mengompol dapat terjadi.

Ketiga, otot detrusor (otot kandung kemih) yag berkontraksi pada waktu yang salah. Alhasil Bunda mungkin tidak dapat mengontrol buang air kecil. Kondisi ini bisa disebut kandung kemih overaktif (OAB).

Sementara itu, menurut Erik P. Castle, M.D., penyebab lainnya meliputi penyumbatan di bagian saluran kemih, seperti dari batu kandung kemih atau batu ginjal, diabetes, prostat yang membesar, efek samping obat, kelainan saraf, apnea tidur obstruktif, infeksi saluran kemih.

"Tes dan prosedur yang digunakan untuk menentukan penyebab mengompol orang dewasa meliputi pemeriksaan fisik, tes urine, tes urrologi, evaluasi neurologis," tulis Castle, dikutip dari Mayo Clinic.

Nah, kalau Bunda juga mengalami ngompol dalam frekuensi terlalu sering segera periksa ke dokter ya!

Simak juga cerita Poppy Sovia, sempat ngompol saat hamil.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi