moms-life

3 Fakta Mobil Esemka yang Perlu Bunda dan Ayah Tahu

Asri Ediyati Sabtu, 07 Sep 2019 18:01 WIB
3 Fakta Mobil Esemka yang Perlu Bunda dan Ayah Tahu
Jakarta - Pada hari Jumat (6/9/2019), Presiden Joko Widodo berkunjung ke pabrik mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah. Jokowi juga menyaksikan peluncuran perdana mobil lokal itu, Bun.

Dilansir CNN Indonesia, sebelum dikembangkan oleh perusahaan swasta, mobil esemka ini awalnya merupakan karya anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ada beberapa SMK yang dipilih untuk merakit mobil yaitu SMKN 2 Surakarta, SMKN 5 Surakarta, SMK Warga Surakarta, SMK 1 Singosari Malang, dan SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. Mobil-mobil hasil rakitan siswa SMK kemudian mulai muncul pada 2007.

Saat itu, para siswa siswi SMK mulai giat merakit mobil menggunakan alat seadanya, salah satunya di fasilitas perakitan di Solo, Jawa Tengah. Produk perdana mereka berupa Sport Utility Vehicle (SUV) dinamai Rajawali.

Namun, Rajawali tidak lolos uji tipe di Dinas Perhubungan (Dishub) tahun 2010 karena lampu dan emisi gas kendaraan yang berlebih. Setelah melalui banyak perbaikan, pada uji tipe selanjutnya Esemka dinyatakan lolos.


Hingga akhirnya pada 2018, sebanyak sebelas mobil Esemka lolos uji. Lalu, apa saja fakta-fakta lainnya tentang mobil ini? Berikut 3 fakta lainnya dikutip dari detikcom.

1. Spesifikasi

Mobil Esemka dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC dengan daya maksimum setara 72 kW dan torsi maksimum 119 Nm. Kemudian, secara dimensi Esemka memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.890 mm serta boks ukuran 2.750 mm x 1.600 mm x 460 mm.

2. Harga cukup terjangkau

Mobil Esemka dijual dengan harga Rp 95 juta off the road. Dengan harga yang terjangkau pihak perusahaan yakin mobil bisa laris manis di pasaran.
Jokowi di dalam mobil EsemkaJokowi di dalam mobil Esemka/ Foto: Istimewa/Setpres

3. Bakal ada empat tipe mobil

PT Solo Manufaktur Kreasi akan meluncurkan empat tipe mobil Esemka. Hal ini sesuai dengan Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian.

"Empat di antaranya merupakan kendaraan komersial tipe pick up single cabin yang diberi nama Bima - Esemka, lalu satu tipe penumpang double cabin yang diberi nama Digdaya - Esemka dan satu tipe lagi kendaraan penumpang minivan dengan nama Borneo- Esemka," tutur Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat mendampingi Presiden Joko Widodo.

Semoga mobilnya cocok untuk keluarga ya, Bun. Apa pun mobilnya jika membawa si kecil jangan lupakan car seat. Duduk di car seat selama berada di dalam mobil bisa meminimalkan cedera pada anak bila terjadi kondisi tak diinginkan. Untuk itu, penggunaan car seat yang tepat jadi hal penting karena menyangkut keamanan dan nyawa anak.

Pemilihan dan pemasangan car seat yang kurang tepat akan menyebabkan car seat tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Pakar keselamatan penggunaan car seat, Alisa Baer, mengingatkan orang tua untuk memperhatikan penggunaan car seat yang disesuaikan dengan usia dan tinggi badan anak.

"Car seat juga harus digunakan sesuai instruksi termasuk menggunakan belt pada car seat," ujar Baer dikutip dari The Car Seat Lady.


Simak juga video tentang mobil Esemka berikut ini.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi