moms-life

Upaya agar Nama Calon Si Kecil Tak Mirip dengan Anak Lain

Asri Ediyati Sabtu, 07 Sep 2019 18:57 WIB
Upaya agar Nama Calon Si Kecil Tak Mirip dengan Anak Lain
Jakarta - Nama Franda di media sosial kini sedang ramai dibicarakan netizen Indonesia, khususnya para ibu. Baru-baru ini, Franda mengutarakan kekesalannya pada orang tua yang dianggap menjiplak nama anaknya, Zylvechia Ecclesie Huckenbucker. Franda berkomentar di sebuah akun balita yang dikelola oleh orang tuanya sendiri.

Selain berkomentar, menurut orang tua balita tersebut, Franda sampai mengirim pesan pribadi untuknya. Franda kesal dan tak terima nama balita tersebut sama dengan nama anaknya. Terlebih, usia si balita dan Zylvechia tak berbeda jauh.

Untuk meluruskan, sang ayah dari balita tersebut, Jimmy, mengunggah penjelasan di balik nama yang diberikan untuk sang anak.


"Just sharing aja ya. Pada saat istri saya mengandung sebenarnya saya sudah mempersiapkan nama Kimi dari anak Jimmy Lin, karena saya sehari-hari dipanggil Kiddy, jadi saya berpikir lucu kali ya punya anak namanya Kimi," tulis Jimmy.

Jimmy melanjutkan, dikarenakan istrinya ngefans dengan Franda makanya tak setuju dan Jimmy berdebat dengan sang istri. Pada akhirnya, sang istri ingin memberi nama Vechia. Namun, karena dipikir tanggung, alhasil si kecil diberi nama Zylvechia.

"Dengan catatan saya mau nama belakang Kimberly dan pikir saya biar nanti bisa dipanggil Kimi, tapi seiring berjalannya waktu malah lebih sering dipanggil Vechia," lanjut Jimmy.

Jimmy dan istri sama sekali tak menyangka kalau nama anaknya ternyata tak disukai Franda.

"Intinya dari cerita ini hanya karena istri saya ngefans. Serendah apa anak kami sehingga dianggap tidak layak memakai nama Zylvechia," kata Jimmy.

Duh, dari nama yang sama malah berbuntut panjang nih, Bun. Semoga ketemu jalan tengahnya ya. Berkaca dari pengalaman tak menyenangkan ini, ada upaya yang bisa dilakukan Bunda dan Ayah agar nama calon si kecil tak mirip dengan anak lain. Berikut tips dan upaya yang bisa dilakukan, Bun.
Franda dan ZylvechiaFranda dan Zylvechia/ Foto: Instagram
1. Bila saling mengenal, izin pada orang tua anak tersebut

Menurut Laura Wattenberg, penulis The Baby Name Wizard, mungkin kita ngefans atau senang dengan nama anak orang lain bahkan teman sendiri. Jika Bunda memang saling mengenal, Wattenberg menyarankan untuk menyampaikannya dengan sopan.

"'Wah kamu punya selera yang bagus nih. Nama anak kamu terngiang di kepala. Boleh enggak nama anakku nanti sama dengan nama anakmu?'. Jika si teman keberatan, lebih baik mencari nama lain," ujarnya dikutip dari Parents.

2. Rahasiakan nama bayi

Persiapkan diri Bunda untuk pertanyaan usil dengan memberikan respons standar. "Nama bayi harus menjadi sesuatu yang membuat Anda nyaman mengatakannya. Jika tidak nyaman ya tak usah diberi tahu ke orang lain," kata Pamela Redmond Satran, ahli nama bayi and co founder Nameberry.

Bunda juga bisa langsung member pernyataan seperti 'Kami tidak memberitahukannya sekarang' atau 'Itulah satu hal yang kami ingin rahasiakan'.

3. Bicarakan dengan positif

Memang ada beberapa orang tua tak suka nama anaknya dijiplak, termasuk Franda. Jika seperti itu, alangkah baiknya bila dibicarakan dengan baik-baik, siapa tahu orang yang ingin nama anaknya sama akan mempertimbangkan lagi.

4. Jangan terburu-buru memberi nama

Conor Grennan, penulis Little Princes: One Man's Promise to Bring Home the Lost Children of Nepal bilang jangan terburu-buru memberi nama anak. Butuh waktu untuk memikirkan nama buat si kecil. Ia menyarankan, jauh sebelum persalinan lebih baik siapkan nama dulu.

"Jangan membuat keputusan terburu-buru. Cari tahu nama beberapa waktu sebelum hari perkiraan lahir," kata Grennan dikutip dari Huffpost.


Simak juga arti nama anak Franda dan Samuel Zylgwyn melalui video berikut.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi