moms-life

Alasan Wajah Suami Istri Mirip Seperti Iko Uwais dan Audy Item

Asri Ediyati Sabtu, 14 Sep 2019 10:01 WIB
Alasan Wajah Suami Istri Mirip Seperti Iko Uwais dan Audy Item
Jakarta - Mungkin Bunda pernah mendengar, makin lama menikah perilaku dan wajah suami istri makin mirip. Seperti Audy Item dan Iko Uwais, banyak penggemar dan warganet setuju kalau keduanya mirip. Audy pun menganggapnya sebagai pujian.

"Banyak yang bilang kita mirip.. masa sih? Alhamdulillah," tulis Audy Item di akun Instagram.


Beberapa warganet pun menimpali caption Audy, ada yang bilang mirip pula perilakunya. Ada juga yang bilang senyumannya mirip dan lainnya. Terkait hal ini, ternyata ada alasan ilmiah di balik kemiripan suami istri dari segi wajah maupun perilaku.


Menurut Art Markman, Ph.D., profesor psikologi dan direktur Institut IC2 di University of Texas, hal itu normal apabila pasangan yang hidup bersama dalam waktu lama mulai sama dalam bertindak. Bahkan, untuk urusan wajah.

"Ketika Anda berkomunikasi dengan seseorang, otak Anda menghabiskan banyak waktu untuk memprediksi apa yang akan mereka lakukan selanjutnya sehingga Anda dapat mengantisipasi apa yang akan mereka katakan," kata Markman mengutip Self.

Akibatnya kata Markman, bahasa antara pasangan mulai disesuaikan sehingga membuat cara berbicara keduanya sama. Lalu, dalam hubungan pasutri ada fenomena yang disebut penularan tujuan, sehingga melihat seseorang melakukan sesuatu membuat yang lain ingin melakukan hal sama.
Iko Uwais dan Audy ItemIko Uwais dan Audy Item/ Foto: Ismail/detikFoto

"Ini dapat menyebabkan kesamaan dalam hobi, preferensi dalam film, buku, dan acara TV, dan bahkan gaya berpakaian," katanya.

Markman mencatat semakin lama usia pernikahan, semakin lama waktu bagi pasangan untuk melewati pengalaman bersama yang bisa membentuk bahasa dan perilaku yang sama.

Sementara itu, psikolog dari University of Michigan Robert Zajonc, Ph.D, pernah melakukan penelitian yang membahas fenomena kemiripan tersebut. Dia mengamati apakah semakin lama menikah wajah pasangan makin terlihat mirip.

Zajonc kemudian meminta peserta untuk menganalisis 12 foto pasangan, yang terdiri dari pasangan Kaukasia, usia 50 hingga 60 tahun pada saat penelitian. Foto pasangan itu antara lain pengantin baru dan yang sudah menikah seperempat abad.

"Hasilnya, seiring bertambahnya lama usia pernikahan, pasangan suami istri mulai lebih mirip. Kemudian, pasangan yang merasa lebih mirip mengaku lebih bahagia," ujar Zajonc.

Simak juga cerita Audy Item larang anaknya nonton film-film Iko Uwais.

[Gambas:Video 20detik]



(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi