moms-life

Alasan Raditya Dika Siapkan Dana Pendidikan Anak Sejak 2005

Yuni Ayu Amida Jumat, 13 Sep 2019 09:30 WIB
Alasan Raditya Dika Siapkan Dana Pendidikan Anak Sejak 2005
Jakarta - Setiap rumah tangga tentunya punya cara sendiri dalam mengatur keuangan. Begitu pula dalam rumah tangga pasangan selebriti Raditya Dika dan Anissa Aziza.

Dalam channel YouTube Ussy Andhika, komika ini menuturkan, sejak pacaran dengan Anissa sudah membicarakan soal keuangan. Tujuannya untuk menghindari konflik terkait uang jika sudah berumah tangga.

"Pas pacaran, kita udah ngomongin soal duit, perspektif aku soal uang itu kayak gini, kamu kayak gimana. Dana pensiunku gini, kita mau punya tujuan finansialnya kayak apa," jelas Radit.


Pria 34 tahun ini juga mengajari sang istri untuk berinvestasi. Dari hal tersebut, Annisa akhirnya berhasil membeli rumah sendiri dengan uangnya sendiri, tanpa meminta pada Radit sepeser pun.

"Karena ya gue ajarin cara milih saham, dia mau dengerin itu, dan perspesktifnya berubah, jadi enggak kayak gue mau reward my self, beli ini, beli itu, tapi jadi kayak aku mau investasi ini, buat tujuan ini, dalam berapa tahun," tuturnya.

Alasan Raditya Dika Siapkan Dana Pendidikan Anak Sejak 2005Foto: Instagram

Tak sampai di sana, ternyata penulis buku Marmut Merah Jambu ini sudah menyiapkan tabungan pendidikan untuk anak sejak 2005. Padahal, saat itu dia belum tahu akan menikah dengan siapa.

"Gue dari tahun 2005 udah punya tabungan pendidikan buat anak gue yang bahkan belum lahir. Padahal nikah belum, pasangannya juga enggak tahu," ucapnya.

"Kan finansial planner gue nanya, mau buat siapa anaknya. Kecoa aja, jadi tabungan pendidikannya atas nama kecoa, karena gue enggak tahu mau dikasih nama siapa," sambungnya sambil tertawa.

Bicara soal dana pendidikan anak seperti disiapkan Raditya Dika dari jauh-jauh waktu, dikatakan Lim Chet Ming, Chief Marketing Officer PT AIA Financial, orang tua idealnya menyiapkan dana pendidikan sejak dini. Bahkan, Ayah dan Bunda bisa memulainya sejak anak berusia 15 hari.

"Banyak orang tua tidak peduli tentang pentingnya asuransi pendidikan sejak dini. Ketika anak jumlahnya bertambah dan usianya semakin dewasa, orang tua baru merasakan beratnya biaya pendidikan, lalu menyesal tidak merencanakan dan menabung sejak dini," ujar Lim.

Saat ini, biaya pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi tidak murah lagi, Bun. Itu sebabnya orang tua harus menabung dalam jangka waktu lama dan terlindungi, agar dana tersebut aman.

Lim juga menyarankan agar orang tua menggunakan asuransi dan berinvestasi. Selain itu, orang tua mesti pandai melihat ke depan dan membuat kemungkinan apa saja yang bisa terjadi. Misalnya, harus berhenti bekerja karena alasan tertentu, seperti sakit atau kecelakaan.

"Menggunakan asuransi seperti membuat investasi jangka panjang. Karena asuransi adalah risk management yang bisa membantu seseorang dalam urusan perlindungan masa depan," tutur Lim.

Kalau Ayah dan Bunda bagaimana? Apakah sudah menyiapkan dana pendidikan anak-anak?

Lihat pula video berikut ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi