kehamilan

Cara Istri Raditya Dika, Anissa Aziza Cegah Baby Blues Usai Melahirkan

Asri Ediyati Senin, 05 Aug 2019 11:02 WIB
Cara Istri Raditya Dika, Anissa Aziza Cegah Baby Blues Usai Melahirkan
Jakarta - Tak jarang ibu baru mengalami baby blues usai melahirkan. Tadinya tak punya beban, tiba-tiba ada manusia lain yang hadir di kehidupan dan sangat bergantung pada sang ibu. Namun, hal ini bisa dicegah oleh istri Raditya Dika, Anissa Aziza.

Diceritakan Anissa, awalnya ia malah disangka mengalami baby blues oleh orang-orang sekitar. Hal ini karena Anissa tipe orang yang manja. Akan tetapi, pada kenyataannya Anissa tak mengalami baby blues.

"Aku sebenarnya deg-degan karena semua orang berpikir kalau aku akan baby blues, karena aku tipe orang yang manja. Apalagi aku di keluargaku anak pertama yang punya anak dan Bang Dika juga. Jadi kita tuh benar-benar seharusnya tuh kaget banget," kata Anissa Aziza di kanal YouTube-nya.

Anissa pun memiliki cara untuk mencegah baby blues yakni mengubah mindset. Ia mengupayakan selalu berpikir positif, dan mendapat dukungan dari sang suami.


"Tapi ternyata, kalau menurut aku baby blues itu mindset. Jadi gimana caranya kita selalu berpikir positif, selain jaga pikiran, lingkungan suami juga perlu mendukung. Gimana caranya suasana rumah itu dibuat se-happy mungkin," kata Anissa.
Anissa Aziza dan Raditya Dika/ Anissa Aziza dan Raditya Dika/ / Foto: Instagram @anissaaziza
Selain cara yang dipraktikan Anissa Aziza, Bunda bisa mencegah baby blues dengan membahagiakan diri sendiri dengan me time sejenak dari rutinitas. Lalu, kapan sih waktu tepat Bunda untuk me time?

"Ibu harus menyadari kondisi psikis dan fisik saat perasaan tidak enak muncul. Seperti selalu berpikir negatif jika bertemu anak, mudah terpancing emosi, dan selalu serba salah dalam melakukan sesuatu," ujar Monica.

Menurutnya, secara fisiologis, perubahan yang terjadi adalah waktu tidur yang berantakan, kelelahan, dan asam lambung naik. Saat itu, mungkin Bunda sudah ada dalam tekanan tertentu yang menyebabkan stres, sehingga butuh rehat sebentar.

"Me time bisa dilakukan hanya dalam waktu 10 - 15 menit, yang penting ibu sudah bisa berpikir positif dan siap bertemu dengan anak kembali. Tapi, kalau setiap hari pergi dan anak ditinggal tanpa diurus siapapun, itu namanya bukan me time ya. Itu artinya ibu mengabaikan anak, " tutur Monica.

Saat Bunda mau me time, diskusikan dengan pasangan dan keluarga lain yang bisa kita minta bantuan menjaga anak. Jangan lupa juga ya untuk selalu menanyakan keadaan anak meskipun Bunda sedang me time.

Untuk mencegah baby blues, Bunda bisa melakukan perawaratan pasca melahirkan, seperti ada di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi