parenting

Jurus Tega Tanpa Drama Latih Anak Tidur Sendiri Seperti Baby Belle

Ratih Wulan Pinandu Senin, 30 Sep 2019 14:20 WIB
Jurus Tega Tanpa Drama Latih Anak Tidur Sendiri Seperti Baby Belle
Jakarta - Keimutan dan kelucuan Baby Belle Zhuo memang enggak perlu diragukan lagi. Balita yang dikenal karena rambut indahnya ini, menyedot perhatian netizen setelah tingkah polosnya sering diunggah sang bunda di akun instagram @babybellezhuo.

Tak hanya mengunggah tingkah lucu Belle, Dessy Zhuo juga kerap membagikan tips parenting. Seperti baru-baru ini, ketika Desy ingin mengajari Belle tidur sendiri.

Gadis kecil yang lahir di Batam, 5 Januari 2016 itu diajari untuk tidur sendiri di kamarnya. Dessy menyarankan agar para orang tua tidak mudah menyerah ketika anak menangis dan terbangun di tengah malam.


Dalam rekaman CCTV terlihat kalau bocah yang belum genap berusia 4 tahun itu menangis. Tapi dia berhasil menenangkan dirinya sendiri, dan mengambil selimut. Lalu, tidur kembali tanpa menunggu orang tuanya datang ke kamarnya. Wah keren ya Belle.

Pada video lain, Dessy membagikan cerita penyebab Belle menangis saat tidur sendirian. Salah satunya karena dia mengalami mimpi buruk. Pada awalnya, Dessy langsung menghampiri Belle dan menenangkannya.

[Gambas:Instagram]


"Mimpi buruk," ungkap Belle sambil terisak.

"Buruk apa?" tanya Dessy.

"Aku susah tidur," lanjutnya.

"Kok bisa susah tidur, itu kan tadi sudah tidur terus kebangun. Nangisnya kenapa?"

"Bebel ingat ya kalau terbangun masih malam, Bebel tidur lagi. Tutup mata bubuk lagi. It's oke," lanjut sang bunda menenangkan.

Setelah mengamati hal tersebut, ternyata Dessy menemukan kalau balita juga bisa mimpi buruk lho, Bun. Menurutnya, mimpi buruk memang bisa dialami sejak anak berusia dua tahun. Bunda hanya perlu memahami kondisi mereka, dan membantu menenangkannya.

Masih menurut Dessy, pada usia ini, anak-anak belum bisa membedakan antara kenyataan dan khayalan. Sedangkan mimpi buruk bisa saja diakibatkan hal-hal yang terjadi di sekitar mereka. Terutama dipengaruhi perubahan rutinitas, bertengkar dengan teman, melihat hewan yang ditakuti.

Enggak cuma itu saja, Bunda, karena ternyata saat anak-anak kelelahan membuat mereka jadi cemas, yang akhirnya terbawa sampai ke mimpi. Proses ini terjadi karena anak sedang memperoleh informasi baru yang dia peroleh setiap harinya. Jadi, Bunda dan Ayah enggak perlu khawatir berlebihan.

Tips jadi Bunda 'tega' akan membantu anak jadi lebih cepat mandiri dalam memulai kebiasaan tidur sendiri. Saat Dessy mencoba menahan diri untuk tidak menenangkan Belle yang menangis di malam hari, ternyata anak perempuannya itu berhasil meng-handle perasaannya. Wah, menarik untuk ditiru ya, Bunda.

Bunda, ada yang sedang mengajari anak tidur sendiri seperti Belle? Kebiasaan semacam ini memang sebaiknya diajarkan sedini mungkin agar anak-anak memahami konsep kemandirian. Agar anak nyaman tidur di kamar sendiri, berikan rutinitas yang menyenangkan sebelum mereka tidur.

Menurut ulasan Very Well Family, Bunda bisa membangun kebiasaan seperti membaca cerita bersama, menyanyikan lagi, dan apa saja yang dapat menunjukkan jika waktu tidur sudah dekat. Lakukan kebiasaan itu secara konsisten, dan redupkan lampu sebelum anak tidur.


Bunda harus lebih bersabar karena mengubah rutinitas anak di malam hari enggak mudah. Pakar tidur anak, James McKenna, Ph.D, mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan orangtua atau anak-anak, jika mereka tidak bisa membuat anak-anak mereka tidur sepanjang malam.

"Tidur merupakan perilaku yang fleksibel. Orang-orang harus dapat bangun kembali meskipun permasalahan seperti anak-anak bangun mencari orang tuanya terjadi,"ujar McKenna, dilansir Young Parents.

Bunda, ada juga tips mengajak anak rajin bangun pagi.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi