moms-life

Hipertensi Pengaruhi Kepuasan Seksual dalam Capai Orgasme?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 11 Oct 2019 19:00 WIB
Hipertensi Pengaruhi Kepuasan Seksual dalam Capai Orgasme? Hipeetensi pengaruhi kepuasan seksual? / Foto: iStock
Jakarta - Memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi seringkali membuat kekhawatiran dalam berhubungan seksual. Apalagi, tekanan darah tinggi tersebut dikhawatirkan dapat memengaruhi kepuasan cerita sex secara menyeluruh.

Melansir Mayo Clinic, tekanan darah tinggi dapat menurunkan kepuasan seksual banyak terbukti pada pria. Sementara pada wanita sendiri yang mengalami penurunan kepuasan seksual belum terbukti.

Bagi pria, tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri ya, Bun. Apalagi, tekanan darah tinggi dapat merusak lapisan pembuluh darah dan menyebabkan arteri mengeras serta menyempit dimana dapat membatasi aliran darah. Artinya, akan lebih sedikit darah yang dapat mengalir ke Mr P.


Untuk sebagian pria, penurunan aliran darah ini membuat kesulitan tersendiri untuk mencapai dan mempertahankan ereksi - dimana sering disebut sebagai disfungsi ereksi.

"Disfungi ereksi sering disebabkan faktor yang sama dimana dapat menyebabkan serangan jantung, hipertensi, obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi dimana dapat membahayakan semua pembuluh darah dalam tubuh, termasuk yang memasok ke Mr P,"ujar Sarah Samaan, MD, seorang ahli jantung di Texas, seperti dikutip dari laman Everyday Health.

Hipertensi Pengaruhi Kepuasan Seksual dalam Capai Orgasme?Hipertensi pengaruhi kepuasan seksual?/ Foto: iStock

Tidak sampai di situ, ternyata, Bun, permasalahan tekanan darah tinggi juga dapat mengganggu ejakulasi dan mengurangi hasrat seksual pada pria. Terkadang pula, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi juga mendatangkan efek serupa.

Pada akhirnya, ketakutan disfungsi ereksi tersebut menyebabkan kecemasan. Dan, kecemasan itulah yang dapat menyebabkan sebagian pria menghindari seks. Hal inilah yang kemudian dapat memengaruhi hubungan dengan pasangan.

Nah, sebelum gangguan tersebut membuat runyam hubungan seksual, ada baiknya baik Bunda ataupun pasangan segera berkonsultasi dengan dokter sehingga cerita sex dapat kembali pulih. Semoga membantu, Bun!

Simak juga nih, Bunda, cerita Eriska Rein hampir menyerah saat melahirkan normal.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi