sign up SIGN UP search


moms-life

3 Cara Membuat Libido Kembali Bergairah Usai Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 19 Oct 2019 19:12 WIB
Melahirkan menjadi momen yang membahagiakan, tapi jangan sampai juga melupakan kehidupan seks setelahnya ya. caption
Jakarta - Setelah melahirkan, tak sedikit wanita yang merasakan gairah seksualnya meredup. Wah, perlu diwaspadai nih, Bun. Sebab, kalau kebablasan dapat mengganggu kehidupan seksual dengan pasangan deh.

Kehadiran bayi dengan segala perjuangannya memang membahagiakan. Tetapi yang kerap terlupa, momen setelah melahirkan juga kerap dibarengi dengan gangguan gairah seksual, Bun.

Melansir Fox News, sebuah penelitian yang melibatkan 50 wanita yang dituliskan dalam buku Sexuality During and After Pregnancy, menemukan bahwa 20 persen wanita postpartum memiliki sedikit keinginan untuk melakukan aktivitas seksual tiga bulan setelah melahirkan. Sedangkan 21 persen tambahan lainnya, sama sekali kehilangan hasrat seksual atau bahkan keengganan terhadap segala jenis aktivitas seksual.


Beberapa faktor memang berkontribusi terhadap gangguan ini. Pertama, dorongan seksual harus bersaing dengan perasaan kelelahan luar biasa, yang datang dengan merawat bayi baru lahir. Kedua, tubuh wanita berhadapan dengan perubahan hormon yang hebat setelah persalinan.

Dalam kasus ibu menyusui, hormon terpengaruh selama periode menyusui. Bahkan, tak sedikit dari wanita postpartum yang mengalami kekeringan pada Miss V, setelah melahirkan dimana menjadikan seks yang dilakukan terasa menyakitkan.

Walau sesungguhnya gangguan ini menjadi kondisi yang normal terjadi pada wanita usai melahirkan tetapi Bunda tidak boleh membiarkannya begitu saja. Karena, kesenangan di kamar tidur bersama pasangan tetap harus menjadi prioritas, Bun.

3 Cara Membuat Libido Kembali Bergairah Usai MelahirkanMembangkitkan libido seks/ Foto: iStock

"Gangguan ini memang sangatlah normal bagi wanita dimana dapat mencapai titik terendah dalam enam bulan hingga sembilan bulan pertama setelah kelahiran bayi Bunda," ujar Sherryl Ross, MD, seorang obgyn, dikutip dari laman WebMd.

Untuk mengatasinya, beberapa trik berikut dapat membantu membenahi gairah seksual agar lebih hidup, Bun:

1. Jangan terburu-buru

Faktor hormonal memang kerap membuat gangguan pada kehidupan seksual wanita dimana seks yang dijalani terasa menyakitkan. Dan ini bisa terjadi sampai tiga bulan lamanya. Karenanya, komunikasikan dengan pasangan untuk melakukan seks secara perlahan dan menambah durasi foreplay.

2. Sesuaikan harapan

Tampilan fisik yang belum kembali normal usai melahirkan kerap membuat wanita kurang percaya diri. Untuk itu, kesampingkan terlebih dahulu perasaan tersebut karena mendapatkan kembali bentuk tubuh normal memang membutuhkan waktu. Nikmati cerita sex bersama ayah. 

3. Ambil liburan

Rencanakan liburan untuk memperbaharui pikiran dan kesuntukan yang selama ini mendera. Belum lagi, kelelahan merawat bayi dan tantangan menyusui dimana membuat libido membenam. Untuk membuat libido kembali bergairah, persiapkan liburan bersama pasangan dan titipkan sementara waktu si kecil pada keluarga atau baby sitter. Hal ini akan menjadi momen ajaib yang dapat memperbaiki libido secara efektif.

Semoga membantu, Bun.

Kiat mengajarkan pendidikan seks sejak dini, bisa Bunda saksikan di sini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi