moms-life

Bunda Setop Nyinyir di Medsos, Bisa Dipolisikan & Suami Ditahan

Yuni Ayu Amida Sabtu, 12 Oct 2019 12:01 WIB
Bunda Setop Nyinyir di Medsos, Bisa Dipolisikan & Suami Ditahan Bunda Setop Nyinyir di Medsos, Bisa Dipolisikan & Suami Ditahan /Foto: shutterstock
Jakarta - Kasus penusukan Menko Polhukam Wiranto rupanya menimbulkan kegaduhan publik. Bahkan beberapa yang nyinyir soal hal tersebut dilaporkan dan ditahan polisi.

Seperti yang dialami istri dari dua orang anggota TNI AD. Melansir detikcom, IPDN istri Komandan Kodim Kendari Kolonel HS, dan LZ istri Sersan Dua berinisial Z, mengunggah komentar yang dianggap sebagai ujaran kebencian soal kasus penusukan Wiranto.

Hal ini menyebabkan suami mereka dijatuhi sanksi, yakni harus melepas jabatannya, dan ditahan selama 14 hari.


Selain itu, seorang warga bernama Jalaludin juga melaporkan beberapa akun Twitter dan Facebook ke Polda Metro Jaya, karena diduga mengunggah ujaran kebencian dan berita bohong soal kasus penusukan Wiranto. Akun tersebut di antaranya akun Facebook atas nama Jonru Ginting dan Gilang Kazuya Shimura serta akun Twitter @hanumrais milik Hanum Salsabiela Rais, @JRX_SID I Gede Ari Astina atau Jerinx, dan @fullmoonfolks Bhagavad Samabhada

Terlepas dari masalah tersebut, perilaku nyinyir sendiri tidak baik ya, Bunda. Jika kita ingin mengunggah sesuatu di medsos, jangan yang menyakiti hati orang lain, karena ternyata bisa berdampak pada sanksi hukum.

Bunda Setop Nyinyir di Medsos, Bisa Dipolisikan & Suami DitahanFoto: Edi Wahyono

Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes RP Argo Yuwono bahwa hati-hati saat bermain medsos, jangan sampai terjebak, jangan sampai melukai orang. Sebab, ada rambu-rambu yang mengaturnya.

"Intinya dalam kegiatan medsos itu ada rambu yang mengatur. Kita jangan mudah memarahi orang, memaki orang di dunia maya," imbuhnya.

Selain itu menurut dr.Nova Riyanti Yusuf, SpKJ perilaku nyinyir sudah jadi fenomena dalam masyarakat. Namun tidak bisa menjadi indikator untuk mengukur masalah kejiwaan.

"Nyinyir itu sebenarnya ini fenomena sih, karena banyak banget dari kita yang melakukan. Susah kalau kita mau bilang semuanya gangguan jiwa karena hampir semuanya begitu," ujarnya Nova dikutip dari detikcom.

Nova menambahkan, bahwa perilaku nyinyir ini perlu diwaspadai. Karena tanpa kita sadari hal ini hal ini bisa berdampak pada sedentary lifestyle atau kecanduan pada gadget yang mengakibatkan produktivitas menjadi terganggu.

"Perlu dilakukan movement untuk regulasi pemakaian smartphone ini. Bisa juga melakukan detox smartphone misal hari ini puasa Instagram besok Twitter atau Facebook dan seterusnya," ucapnya.

Simak selengkapnya dalam tayangan berikut, Bunda:

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi