sign up SIGN UP search


moms-life

Posisi Aneh Duduk Jokowi yang Viral Bermanfaat atau Berbahaya?

Asri Ediyati Kamis, 24 Oct 2019 13:13 WIB
Posisi kaki Jokowi mendadak viral saat kenalkan menteri Kabinet Indonesia Maju. Bermanfaat atau berbahaya? caption
Jakarta - Pada saat mengenalkan menteri Kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin duduk di lesehan bersama para menteri di veranda Istana Negara. Saat mengenalkan menteri, posisi kaki Jokowi yang silang. Posisi duduk Jokowi yang aneh ini pun menjadi bahan perbincangan.

Apakah duduk tersebut bermanfaat? Saat berbincang dengan dr.Andri Primadhi Sp.OT(K), posisi duduk seperti itu biasa saja. Layaknya orang duduk saja, namun memang hanya beberapa orang yang bisa melakukannya. Posisi kaki Jokowi bisa dibilang sangat lentur, apalagi di usianya sudah menginjak 58 tahun.

"Biasa saja, mungkin (Jokowi) banyak olahraga, itu pengaruhi kelenturan sendi," kata Andri kepada HaiBunda.

Menurut Andri, pada orang normal jika sering berolahraga, maka tendon, sendinya akan lebih lentur. Selain itu, ada faktor lain yakni keturunan. Bisa jadi, kaki Jokowi sedemikian lentur karena keturunan.


"Ada bawaan keturunan, tapi harus diperiksa semuanya untuk memastikan kalau memang keturunan," ujar dokter ortopedi yang berpraktik di RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat ini.

Lagipula, pada dasarnya kelenturan bisa dilatih. Bisa dengan berolahraga yang rutin, latihan stretching atau peregangan. "Anak-anak tuh pasti bisa posisi seperti (Jokowi) itu, karena mereka masih lentur," sambung Andri.

Apakah berbahaya bagi kita untuk mencobanya? Andri menyarankan, sebaiknya perlu rajin stretching dahulu, Bunda. Jangan asal mencoba, ikutan menekuk-nekukan kaki seperti posisi duduk Jokowi.

Simak juga penjelasan posisi duduk Jokowi yang viral:

[Gambas:Video 20detik]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi