sign up SIGN UP search


moms-life

Yuk Bunda, Bikin Perut Rata dengan 5 Gerakan Bola Pilates

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Jumat, 01 Nov 2019 07:20 WIB
Olahraga dengan bola pilates bisa bikin perut rata lho, Bunda. Berikut ini 5 gerakan yang direkomendasikan. caption
Jakarta - Olahraga pilates adalah salah satu olahraga yang saat ini sedang digandrungi. Apakah Bunda juga salah satu penyuka olahraga ini? Gerakan pilates bisa bantu bikin perut rata lho, Bunda.

Kata pelatih olahraga, Halle Clarke, fokus olahraga pilates adalah menggerakkan tubuh dengan cara yang dapat mendukung dan memperkuat otot-otot. Selain itu, pilates dipercaya mampu membuat tubuh jadi lebih fleksibel.

"Pilates terkenal karena melatih otot perut dan menjanjikan lingkar pinggang mungil," terang Clarke, dikutip dari CNN Indonesia.


Olahraga pilates enggak cuma pakai tangan kosong, Bunda, tapi juga bisa menggunakan bola. Nah, berikut ini 5 gerakan yang bisa bikin perut rata dengan bola pilates, seperti dijelaskan dr.Boy Abidin, Sp.OG(K), dan dr.Reisa Broto Asmoro, dalam tayangan Dr.Oz Indonesia di Trans TV.

1. Plank

Gerakan ini bermanfaat untuk menguatkan dan mengencangkan otot perut, tangan, dan juga kaki. Caranya hadapkan tubuh pada bola, kemudian sandarkan kedua tangan pada bola. Perut harus ditahan, sehingga otot perut kita tertarik.

"Jangan bersandar pada bola perutnya, tahan beberapa saat, sekuatnya, kalau bisa ini diulang, repetisinya bisa sampai 5 kali kalau sudah kuat," kata Reisa.

2. V-sit up

Gerakan V-sit up ini tujuannya untuk mengencangkan otot perut. Caranya baringkan badan dengan posisi terlentang, kemudian apit bola dengan kedua kaki, lalu angkat kedua kaki. Lakukan angkat kaki ini berulang kali.

"Dalam posisi terlentang kedua kaki mengapit bola dengan lurus ke depan, kemudian angkat kedua kaki, sambil kita berbaring," terang Reisa.

Yuk Bunda, Bikin Perut Rata dengan 5 Gerakan Bola PilatesFoto: iStock


3. Ball Crunch

Posisi ini seperti gerakan sit up. Kita berbaring di atas bola, dengan lengan dilipat di siku. Kemudian kita tarik perut ke depan, persis seperti gerakan sit up.

4. Ball twisting

"Gerakan selanjutnya ini lebih mengutamakan daerah perut samping, biasanya suka masalah nih, depan udah kempes tapi sampingnya masih lebar, kita lakukan namanya adalah ball twisting," kata Boy.

Gerakan ini hampir sama seperti crunch. Namun posisi tubuh tidak terlalu berbaring, tapi seperti setengah duduk. Kemudian tangan dihadapkan lurus ke depan.

"Tarik badan ke arah kiri, tahan, kemudian pindah ke tengah, kemudian putar ke arah kanan, lakukan 8 kiri 8 kanan, 3 set," jelas Boy.

5. Heel touch

Gerakan ini juga fokusnya untuk daerah perut. Caranya, tubuh berbaring terlentang, dengan bola diapit oleh kedua kaki. Kemudian naikkan sedikit tubuh, sambil jari-jari tangan menyentuh tumit kaki.

"Sambil menjepit bolanya, jangan lupa tarik napas waktu beraktivitas, 8 gerakan, masing-masing 3 set," tukas Boy.

Selamat mencoba dan semoga berhasilĀ bikin perut rata ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!