moms-life

Suami Hemat atau Pelit? Ini Bedanya Bunda

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 07 Nov 2019 19:42 WIB
Suami Hemat atau Pelit? Ini Bedanya Bunda
Jakarta - Suami cukup ketat dalam urusan keuangan, Bun? Biasanya, kalau begitu Bunda bisa punya pertanyaan suami alias si ayah pelit atau memang hemat. Hmm, gimana sih membedakan suami pelit dan hemat?

Disampaikan financial planner Nurfitriavi Nuriman yang akrab disapa Fitri, sebenarnya ketahuan banget, Bun, kalau suami pelit. Kata Fitri, ujung-ujungnya suami kayak perhitungan banget.

"Jadi dia ngekepin uangnya mulu. Ngelesnya dia hemat. Kalau hemat kan artinya dia milih yang mau dibeli sesuai kebutuhan atau prioritas. Bagus kan kalau hemat," kata Fitri saat berbincang dengan HaiBunda.


Kalau pelit nih, Bun, misalnya sekeluarga pergi jalan-jalan. Nah, si kecil mau beli sesuatu yang memang bukan kebutuhan,. Tapi, menurut Fitri namanya anak-anak kan enggak bisa juga kita larang atau enggak bolehkan sama sekali meminta sesuatu ya, Bun?

Nah, kalau ayah atau suami pelit dia enggak akan membolehkan anaknya membeli sesuatu. Dengan kata lain, anak enggak dikasih kesempatan untuk meminta sesuatu. Sedangkan, menurut Fitri namanya orang tua pasti perlu tarik ulur keinginan anak.

Sebaliknya, kalau ayah hemat, dia mau membelikan anak sesuatu tapi ada syaratnya. Misalnya hafal dulu surat Alquran tertentu. Jadi, ada unsur mendidik. Suami yang pelit, kata Fitri akan berbekas di hati istri juga anak.

"Kan kelihatan ayahnya mampu atau punya kemampuan untuk membeli. Tapi enggak memberi apa-apa ke anaknya. Liburan pun enggak karena alasan harus hemat. Padahal, liburan kan perlu juga untuk family time, bonding time, tetaplah dianggarkan," papar Fitri.

Dia melanjutkan, ketika hemat, seseorang mengeluarkan uang sesuai anggaran dan kemampuan. Tapi kalau pelit, seseorang punya uang banyak bahkan berlebih namun mengeluarkannya sedikit. Bahkan, dia akhirnya enggak bisa menikmati hidupnya sendiri atau menyenangkan dirinya sendiri.

Ilustrasi suami hemat atau pelitIlustrasi suami hemat atau pelit/ Foto: Muhammad Ridho
Fitri mengingatkan, soal uang, sudah pasti kita yang mengatur uang kan, Bun? Bukan uang yang mengatur kita. Bila suami pelit, dia berlebihan mengatur uangnya, sampai akhirnya dia diatur uang. Misalkan, suami senang banget lihat saldo tabungan banyak dan enggak mau salsonya berkurang.

"Bahkan dia enggak mau berbagi dan sedekah, pengen pegang uang yang banyak. Kalau hemat jelas definisinya, yang wajib dia keluarkan misal untuk keperluan rumah tangga, zakat, dia keluarin. Tapi kalau dia pelit pada diri sendiri, istri, keluarga bahkan sama Tuhan, itu bener-bener pelit kelewatan. Jadi beda banget definisi hemat dan pelit," kata Fitri.

Simak cara mudah bikin dompet organizer di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi