sign up SIGN UP search


moms-life

Brokoli, Sayuran Ampuh untuk Lawan Efek Jahat Polusi Udara

Melly Febrida Senin, 11 Nov 2019 15:20 WIB
Brokoli penting dikonsumsi untuk melawan efek buruk polusi udara. Kok bisa? caption
Jakarta - Masker biasanya menjadi andalan ketika polusi udara sedang tidak bersahabat. Tapi, jangan lupa untuk memasukkan makanan yang mengandung nutrisi, yang aktif melawan polutan yang mematikan seperti brokoli maupun beberapa sayur lainnya.

Menteri Kesehatan India Dr.Harshvardhan menyadari kota-kota di India sudah tercemar polusi udara. Untuk mengatasinya, ia menyarankan warga makan brokoli dan wortel dalam jumlah yang cukup guna meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, serta mengurangi pembentukan radikal bebas.

"Stres oksidatif yang dipicu berbagai polutan berdampak negatif serius terhadap kesehatan manusia. Satu tindakan positif yakni memasukkan bahan makanan yang tinggi kandungan antioksidan agar menetralkannya. Tentu saja, solusinya terletak pada pencegahan dan kontrol pajanan polusi," tulis Harshvardhan dalam cuitannya di twitter mengutip Indian Express.


Menurutnya, salah satu metode untuk mencegah stres oksidatif yakni dengan memastikan Bunda dan keluarga mendapat cukup antioksidan dalam makanan. Bahan makanan yang kaya antioksidan antara lain brokoli, wortel, kubis, bayam merah, dan paprika merah.

"Bahan makanan itu tinggi serat, karotenoid, vitamin C dan E, fenolik seperti p-asam coumaric, chlorogenic, dan caffeic. Makanan yang mengandung senyawa fenolik bisa mengurangi risiko penyakit pembuluh darah," katanya.

Mengutip Times of India, brokoli termasuk sayuran yang mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Sayuran hijau ini mengandung banyak serat, yang bagus untuk pencernaan dan secara aktif melawan racun yang mengendap di rongga tubuh.

Selain itu, brokoli dipercaya membantu membersihkan sistem pencernaan, menghilangkan limbah dan racun yang mungkin diserap tubuh dari udara, tanah, makanan, da karsinogen yang mencemari.

ilustrasi brokoli lawan efek jahat polusi udarailustrasi brokoli lawan efek jahat polusi udara/ Foto: thinkstock
Dari segi nutrisi, brokoli memasok antioksidan yang baik. Misalkan, vitamin A, beta-karoten, vitamin B kompleks, asam folat, dan mineral yang membantu melawan peradangan, risiko gangguan kesehatan kronis, dan memperkuat membran sel. Kandungan brokoli juga berfungsi menjaga kadar gula darah, mengurangi kemungkinan penyakit degeneratif serta jenis kanker tertentu dan mengoptimalkan kesehatan usus.

Sebuah penelitian di Tiongkok menemukan kecambah brokoli sangat membantu dalam memerangi dan menghilangkan racun polutan udara dari akarnya. Ketika seseorang makan brokoli, phytochemical yang ada di dalamnya, yang disebut glucoraphanin memulai reaksi kimia yang menempel pada senyawa benzene yang berbahaya, memecahnya, dan mengisi ulang tubuh untuk mengeluarkannya lebih cepat, sebelum terjadi kerusakan pada tingkat seluler.

Studi lain membuktikan brokoli bisa membantu membuang racun dari polusi dan asap rokok. Karena itu, mendetoksifikasi tubuh dengan mengonsumsi sayuran sederhana seperti jus brokoli segar atau smoothie bisa mengurangi beberapa risiko kesehatan akibat polusi.

Resep tahu saus brokoli seafood bisa disimak di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!