kehamilan

Amankah Ibu Hamil Makan Sayuran Mentah?

Annisa Karnesyia Minggu, 10 Nov 2019 07:00 WIB
Amankah Ibu Hamil Makan Sayuran Mentah? Ilustrasi Ibu hamil makan sayur/ Foto: iStock
Jakarta - Menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan memang bukan tugas yang mudah ya, Bun. Tak jarang, beberapa ibu hamil mulai menjaga asupan nutrisi, salah satunya banyak makan sayuran.

Bukan cuma mengandung banyak vitamin, konsumsi sayuran juga bisa membantu melancarkan saluran cerna. Bila biasanya ibu hamil suka makan sayur yang direbus, ada pula yang makan sayuran mentah. Lalu, apakah sayuran mentah aman untuk ibu hamil?

Menurut profesor obstetri dan ginekologi Dr.Y.S Nandanwar, tidak ada batasan diet ketat selama hamil untuk makan sayuran atau buah-buahan mentah. Tapi, untuk urusan makanan mentah, yang perlu dihindari adalah telur dan daging mentah.


"Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan mentah dalam bentuk salad. Menu makan ini tidak hanya membantu pencernaan tapi juga mengatasi kebiasaan suka ngemil saat hamil," kata Nandanwar dikutip dari The Health Site.

Sayuran mentah nyatanya mengandung banyak manfaat untuk ibu hamil. Dilansir Being The Parent, dalam sayuran mentah tergandung vitamin dan mineral sebagai berikut:

1. Serat

Sayuran mentah kaya akan serat yang bisa mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit pada ibu hamil.

2. Asam lemak omega 3

Jenis sayuran mentah menjadi sumber asam lemak omega 3 yang penting untuk pertumbuhan sistem saraf bayi. Contohnya kembang kol dan kubis.

3. Folat

Kol, kacang polong, brokoli, dan asparagus adalah jenis sayuran yang kaya folat. Folat dibutuhkan untuk mencegah cacat tabung saraf dan malformasi di tulang belakang janin.

Ilustrasi ibu hamil makan sayurIlustrasi ibu hamil makan sayur/ Foto: iStock

4. Kalsium

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan sumber pembentukan kerangka janin. Selain itu, diperlukan juga untuk memperkuat tulang ibu. Sayuran seperti bayam dan kubis mengandung kalsium.

5. Vitamin C

Sayuran mentah juga mengandung vitamin C yang penting untuk pembentukan gigi dan tulang. Selain itu, ada kandungan kolagen yang penting untuk jaringan tubuh janin.

6. Kalium

Sayuran juga mengandung kalium yang berfungsi mengatur tekanan darah selama hamil.

7. Beta karoten

Beta karoten dalam sayuran penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan, sel, serta membangun kekebalan dan baik untuk penglihatan.

Makan sayuran mentah juga bisa mengendalikan kenaikan berat badan selama hamil, Bunda. Jangan lupa biasakan makan sayuran ya.

Tapi, jangan lupakan hal terpenting ya, Bun. Cuci bersih sayuran yang akan dikonsumsi dan pastikan tak ada hewan atau parasit di sayuran berongga, misalnya kangkung.

Simak juga porsi makan ibu hamil untuk mencegah stunting di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi