moms-life

Siap-siap! Pendaftaran CPNS Sudah Resmi Dibuka Hari Ini

Ratih Wulan Pinandu Senin, 11 Nov 2019 11:46 WIB
Siap-siap! Pendaftaran CPNS Sudah Resmi Dibuka Hari Ini Ilustrasi Pendaftaran CPNS/ Foto: Bimbel CPNS
Jakarta - Bunda, berminat untuk mendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS)? Hari ini, Senin (11/11/2019) resmi dibuka lowongan CPNS.

Ada 68 kementerian/Lembaga (K/L) dan 462 Pemerintah Daerah/Kota yang membuka penerimaan CPNS tahun ini. Tapi, pendaftaran tidak bisa dilakukan serentak nih, Bun, sebab masih ada beberapa instansi yang masih akan melakukan revisi formasi CPNS.

Jadi, Bunda tak perlu berkecil hati kalau formasi atau posisi yang Bunda cari tidak ada. Sebab, beberapa instansi akan menyusul membuka pendaftaran.


"Yang belum selesai karena revisi formasi, pengumumannya akan menyusul," ujar Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dikutip dari detikcom.

Proses selanjutnya akan dilanjutkan pada verifikasi berkas yang digelar pada 13 November 2019. Sedangkan pendaftaran sendiri akan ditutup pada 24 November 2019. Penutupan verifikasi ditutup pada 12 Desember 2019.

Siap-siap! Pendaftaran CPNS Sudah Resmi Dibuka Hari IniCPNS resi dibuka/ Foto: CPNS (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)


Nah, untuk pengumuman seleksi administrasi sendiri akan diumumkan pada 16 Desember 2019. Dilanjutkan dengan masa sanggahan yang berlangsung pada 16-19 Desember 2019. Hasilnya akan diumumkan pada 26 Desember 2019.

Selain peraturan di atas, penting diingat juga ya, Bun, kalau satu orang pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi saja. Jadi pertimbangkan baik-baik sebelum memilih satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda.

Jika Bunda masih bingung apa saja persyaratannya, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan beberapa kelengkapan dokumen pelamar mesti disiapkan. Di antaranya akta kelahiran, KTP, ijazah, kartu keluarga (KK), termasuk foto ukuran 4x6.

"Itu sebaiknya di-scan saja dulu dengan maksimal kapasitasnya 200 KB," kata Ridwan.

Dokumen di-scan agar bisa disimpan secara digital, untuk memudahkan saat diperlukan. Karena khawatirnya, rawan hilang kalau hanya disimpan di flashdisk. Jangan lupa juga untuk melegalisir dokumen yang diminta, seperti fotokopi ijazah dan transkrip nilai.

Pastikan semuanya aman dan lengkap ya, sebelum mendaftar CPNS tahun ini. Untuk informasi formasi lengkap lowongan CPNS bisa Bunda buka di sini.

[Gambas:Video Haibunda]





(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi