sign up SIGN UP search


moms-life

Bahaya Mengerikan Kosmetik Oplosan dan Cara Membedakannya

Maya Sofia   |   Haibunda Senin, 18 Nov 2019 11:28 WIB
Jangan anggap sepele kosmetik oplosan, Bunda. Ternyata efeknya mengerikan. caption
Jakarta - Bunda sering membeli kosmetik atau skincare sembarangan? Wah, hati-hati ya. Sebab ada yang namanya kosmetik atau skincare oplosan.

Nah, bahaya dari kosmetik atau skincare oplosan ini sangat mengerikan lho. Apalagi bagi Bunda yang sudah memiliki riwayat alergi.


"Lebih sensitif terhadap bahan yang digunakan dari kosmetik sehingga rasanya seperti terbakar, bengkak, mengelupas, hingga gatal," ujar dr.Reisa Broto Asmoro dalam program Dr.OZ Indonesia.


Selain itu reaksi dari kosmetik oplosan adalah iritasi pada mata. Biasanya hal ini berhubungan erat dengan pemakaian eyeliner dan maskara.

"Kalau maskara sudah terkontaminasi kuman bisa timbul seperti itu. Bisa bintitan bahkan iritasi daerah dalam mata," ucapnya.

Bahaya Mengerikan Kosmetik Oplosan dan Cara MembedakannyaBahaya kosmetik oplosan dan cara membedakannya. (Foto: iStock)

Kemudian bahaya lainnya dari kosmetik dan skincare adalah sakit ginjal serta kanker. Oleh karena itu Bunda perlu memilih skincare dan kosmetik yang aman.

"Kimia ke badan kita akan melewati dua, hati dan ginjal. Pakai kosmetik yang bahannya berbahaya bisa menyebabkan gagal ginjal," kata Reisa.

Lalu bagaimana membedakan kosmetik oplosan dengan kosmetik asli? Reisa menyarankan Bunda untuk selalu mengecek nomor BPOM yang tertera pada produk kosmetik atau skincare.

"Kalau enggak ada (nomor BPOM) itu harus dipertanyakan. Ini kosmetiknya belum teregistrasi berarti. Jadi harus hati-hati," ujarnya.

Bunda juga bisa simak dampak penggunaan kosmetik oplosan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!