moms-life

Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Kecil-kecil di Wajah

Yuni Ayu Amida Kamis, 21 Nov 2019 19:30 WIB
Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Kecil-kecil di Wajah
Jakarta - Pastinya kita menginginkan kulit wajah bersih dan bebas dari jerawat. Namun, meski sudah dijaga kadang jerawat tetap saja muncul di wajah, terutama jerawat yang tampak kecil-kecil.

Tak jarang, karena merasa jengkel dan ingin jerawat cepat hilang, kita malah mencoba memencetnya. Apa Bunda juga begitu?

Memencet atau mengeluarkan jerawat, apalagi dengan menggunakan jari merupakan tindakan yang tidak benar ya, Bunda. Itu hanya akan merusak wajah dan membuat jerawat semakin menyebar, demikian disampaikan dokter spesialis kulit dan kelamin dr.Radityo Anugrah, Sp.KK.


Dijelaskan Radityo, penyebab jerawat adalah karena terjadinya sumbatan di pori-pori. Sumbatan tersebut akibat paparan udara yang mengandung debu yang masuk ke pori-pori wajah, dan tidak kita bersihkan dengan benar.

"Mau sekecil apapun, penyebab jerawat itu sumbatan, sehingga enggak ada satu cara yang efektif banget buat hilangkan jerawat, karena banyak yang harus dilawan," jelas Radityo, saat dihubungi HaiBunda melalui sambungan telepon.

Salah satu hal yang disarankan Radityo untuk mengurangi jerawat kecil-kecil adalah dengan rutin melakukan scrubbing. Scrubbing bisa dilakukan dengan cara memijat wajah dan leher dengan menggunakan sabun yang mengandung butiran halus atau scrub.

Butiran halus inilah yang nantinya mengangkat sel-sel kulit mati dan juga penyumbatan yang terjadi dalam pori-pori. Selain untuk membersihkan kulit, scrubbing dengan memijat wajah ini juga bisa membantu memperlancar aliran darah di wajah, jadi wajah pun akan terasa lebih segar.

"Scrubbing itu membantu mengurangi penyumbatan pori, tapi pemakaiannya enggak boleh sering-sering. Nah, gel atau sabun scrubnya juga bisa gunakan yang umum, kan banyak tuh yang di pasaran," tutur Raditya.

Hanya saja, melakukan scrubbing tidak disarankan saat jerawat kecil sedang banyak-banyaknya, Bunda. Karena khawatirnya malah semakin menyebar. Jadi scrubbing dilakukan lebih kepada untuk mencegah terjadinya jerawat.

Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Kecil-kecil di WajahCara Mudah Menghilangkan Jerawat Kecil-kecil di Wajah /Foto: ilustrasi/thinkstock


Penyebab munculnya jerawat kecil-kecil

Melansir Healthline, tidak peduli bagaimana bentuk jerawat di wajah, penyebabnya adalah sama. Minyak yang disebut sebum biasanya melumasi dan melindungi kulit wajah. Sebum diproduksi di kelenjar minyak kecil yang disebut kelenjar sebaceous. Minyak sampai ke permukaan kulit melalui lubang kecil yang disebut pori-pori.

Terkadang pori-pori tersumbat oleh kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. Bakteri tumbuh di dalam, membuat benjolan bengkak. Benjolan itu adalah jerawat.

Sejumlah faktor meningkatkan produksi minyak dan membuat kita lebih mungkin terkena jerawat, di antaranya hormon, stres, dan obat-obatan tertentu.

1. Masa pubertas

Banyak orang mulai mendapatkan jerawat selama masa pubertas. Peningkatan kadar hormon meningkatkan produksi minyak, yang menyebabkan jerawat. Dahi adalah salah satu lokasi paling umum tumbuhnya jerawat di waktu dini.

2. Rambut dan produk rambut

Rambut juga bisa menjadi sumber jerawat, terutama jerawat di dahi. Jika kita tidak cukup sering mencuci rambut atau memiliki rambut berminyak, minyak tersebut dapat menempel di dahi dan menyumbat pori-pori di sana.

Jerawat juga mungkin disebabkan oleh produk rambut yang kita gunakan. Produk penataan rambut dan pelurusan terkenal karena menyebabkan jerawat, termasuk di antaranya pomades, minyak, gel, lilin.

Produk-produk ini sering mengandung bahan-bahan seperti cocoa butter atau minyak kelapa. Mereka dapat membuat kulit lebih berminyak. Jerawat yang disebabkan oleh produk rambut disebut pomade acne.

3. Iritasi pakaian atau rias wajah

Iritasi dari pakaian atau bahan kimia dalam makeup juga dapat menyebabkan jerawat, terutama jika kulit kita sensitif. Sering menyentuh wajah juga dapat menyebabkan jerawat. Jari-jari menyimpan minyak dan bakteri, yang bisa menempel ke kulit dan ke dalam pori-pori wajah.

Cara menghilangkan jerawat kecil-kecil

Menurut Radityo, pada sebagian orang mungkin menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami bisa ampuh. Namun pada sebagian lagi tak jarang penggunaan bahan alami malah menyebabkan iritasi.

Salah satu saran yang Radityo katakan adalah berkonsultasilah dengan tenaga medis. Namun, jika pun tidak ke dokter, pemakaian krim penghilang jerawat yang bisa dibeli di apotek bisa membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, berikut tindakan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat kecil-kecil di wajah:

1. Lakukan pembersihan dan perawatan kulit

Terlepas dari apa yang kita baca tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat, percayalah bahwa tidak ada produk atau ramuan ajaib yang tepat untuk setiap orang di tiap situasi. Namun, kita bisa melakukan yang terbaik, caranya:

- Lakukan pembersihan ringan menggunakan sabun pembersih yang biasa kita pakai, yang cocok dengan kulit. Mencuci wajah minimal dua kali sehari bisa menjaga kulit bersih dan meminimalkan sensitivitas dan iritasi.

- Gunakan masker dan scrub wajah. Melakukan srcub wajah mampu mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran yang menyumbat pori-pori. Selain itu, menggunakan masker yang mengandung asam salisilat juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Produk-produk ini mudah ditemukan di pasaran, dan merupakan produk yang bisa digunakan untuk merawat wajah.

- Sesekali datang ke ahli kecantikan untuk melakukan facial tidak masalah lho, Bunda. Dengan bantuan facial, komedo yang menyumbat pori-pori dapat terangkat. Wajah pun akan terasa diremajakan. Jerawat juga akan mudah hilang dan kulit jadi lebih segar.

2. Kurangi kelebihan minyak

Seseorang tidak dapat menghentikan kelenjar minyak dalam menghasilkan minyak. Namun, kita bisa menguranginya.

- Gunakan astrigent atau toner yang lembut untuk membersihkan minyak. Ada banyak merk yang bagus yang dijual di apotik serta tempat kosmetik.

- Gunakan produk yang mengandung asam glikolat, yang bisa membantu membersihkan kulit dengan mengangkat sel kulit mati.

- Masker yang mengandung belerang juga bisa jadi solusi. Masker wajah ini mampu mengeluarkan minyak berlebih di wajah.

Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Kecil-kecil di Wajah


Simak pula alasan kenapa jerawat tidak bisa dipencet, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi