sign up SIGN UP search


moms-life

Jus Seledri Bisa Jadi Obat Alami Sembelit, Ini Penjelasannya

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 18 Nov 2019 12:20 WIB
Bunda sembelit? Coba atasi dengan cara alami yakni minim jus seledri. caption
Jakarta - Seledri, sayuran berdaun hijau yang lagi ngehits banget, semenjak selebgram mempopulerkan minum jus selederi. Ternyata salah satu manfaatnya, bisa mengatasi sembelit.

Seperti yang kita tahu, konstipasi alias sembelit terjadi ketika kita kesulitan mengeluarkan tinja. Biasanya gejala sembelit yakni jarang Buang Air Besar (BAB), kurang dari tiga kali dalam seminggu, feses keras, atau perut keram.

Halle Cottis, Holistic Life Coach dan Founder Whole Lifestyle Nutrition menuliskan salah satu cara terbaik mengobati sembelit yakni dengan mengubah pola makan.


"Makan lebih banyak buah dan sayuran dan perbanyak minum air putih. Jauhi makanan olahan dan gorengan," kata Cottis dalam bukunya Natural Solution for Cleaning & Wellness.

Cottis bilang salah satu makanan yang paling bermanfaat untuk sembelit yakni jus seledri. Sebab, jus seledri bisa bertindak sebagai pelembut alami feses.

Untuk membuatnya, potong seledri sekitar 10 cm, kemudian haluskan seledri dengan juicer. Atau, Bunda bisa menghaluskan seledri dengan blender berdaya tinggi. Setelah selesai, segera minum jusnya ya. Cottis menambahkan, jus seledri bisa untuk membantu melawan kanker, menurunkan kolesterol, dan memperbaiki pencernaan.

"Seledri memiliki kualitas diuretik dan anti-inflamasi. Ini bisa membantu mengatasi insomnia, menurunkan berat badan, menghilangkan racun, dan meningkatkan dorongan seksual," kata Cottis.

ilustrasi jus seledriilustrasi jus seledri/ Foto: iStock
Mengutip detikcom, sejak menjadi primadona di dunia kesehatan, sejumlah selebriti pun ikut tren minum jus seledri. Misalnya Kim Kardashian yang memilih memperhatikan asupan makan akibat mengalami penyakit kulit psoriasis.

Jangan lupa, sebelum menjadikan seledri jus, pastikan Bunda mencucinya dengan air mengalir. Untuk manfaat optimal, pilih juga seledri segar dan bila bisa yang organik, Bun.

Simak juga cara pijat bayi agar BAB-nya lancar di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!