sign up SIGN UP search

moms-life

2 Cara Mudah Menanam Tanaman Seledri, Pakai Bibit atau Manfaatkan Pangkal

Nisa Hayyu Rahmia Selasa, 23 Nov 2021 04:00 WIB
Fresh homegrown celery in home garden pot caption
Jakarta -

Sejak lama, menanam sayur mayur atau bahan dapur sehari-hari di rumah menjadi pilihan yang populer di kalangan ibu rumah tangga. Seledri yang berdaun dan berbatang hijau pun merupakan salah satunya.

Selain memudahkan Bunda ketika membutuhkannya, dengan menanam tanaman seledri sendiri, Bunda juga dapat memastikan kualitas. Hal ini tentu tidak dapat Bunda dapat apabila membelinya di pasar atau supermarket sekalipun.

Melansir situs BBC, seledri telah lama dianggap sebagai tanaman yang sulit untuk tumbuh karena harus ditanam di parit yang dalam dan membutuhkan lapisan tanah yang ditambahkan secara teratur.


Meski demikian, bukan tidak mungkin untuk menanam seledri sendiri. Dirangkum dari BBC dan The Spruce, simak cara menanam seledri di bawah ini.

Menanam menggunakan bibit

1. Persiapan tanah

Langkah pertama yang dapat Bunda lakukan adalah dengan menggali tanah sebelum menanam. Jangan lupa untuk singkirkan batu-batu besar, gulma, dan masukkan banyak kompos taman atau pupuk kandang yang sudah busuk.

Minimal seminggu sebelum penanaman, taburi tanah dengan pupuk granular sebanyak 90 gram per meter persegi.

Banner Tren Diet Kpop

2. Menabur benih

Untuk melakukan ini, isilah pot kecil atau nampan benih berukuran 7,5 cm dengan tanah tadi dan kompos benih halus, ratakan dan ketuk untuk membuatnya padat. Perlu diketahui, biji seledri berukuran kecil, jadi ambil sejumput dan tabur perlahan di permukaan tanah.

3. Penyiraman dan penyimpanan 

Siram setiap hari untuk memastikan kompos tidak mengering. Untuk penyimpanannya, Bunda dapat menaruh seledri di jendela atau di rumah kaca.

4. Perawatan

Untuk merawatnya, Bunda hanya perlu menjaga seledri agar tersiram dengan baik dan memastikan area di sekitarnya bebas dari gulma. Untuk mendorongnya tumbuh, tanaman ini dapat diberi pupuk cair berimbang sekitar satu bulan setelah tanam.

5. Panen

Biasanya, seledri akan tumbuh dalam waktu lima minggu dengan tinggi 8 cm. Untuk memanen, cukup angkat tanaman sesuai kebutuhan menggunakan garpu tangan, berhati-hatilah agar tidak merusak tanaman lainnya.

Apabila Bunda memiliki bibit yang bagus dan ingin menanamnya di kebun, Bunda dapat menanam bibit seledri dengan jarak sekitar 27cm untuk memastikan mahkota tanaman berada di permukaan tanah. Agar hasilnya lebih bagus, Bunda dapat mengatur seledri dalam pola grid daripada ditanam dalam barisan panjang.

Selain menggunakan bibit, terdapat cara yang lebih mudah lagi yaitu dengan memanfaatkan pangkal. Bagaimana ya, caranya? Lihat di halaman selanjutnya, yuk!

Simak juga video 5 tanaman hias penghasil oksigen berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA PRAKTIS MENANAM SELEDRI: MEMANFAATKAN PANGKAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!