moms-life

6 Bulan Kepergian Ani Yudhoyono, SBY Ungkap Cinta & Kerinduan Lewat Lagu

Ratih Wulan Pinandu Senin, 02 Dec 2019 09:01 WIB
6 Bulan Kepergian Ani Yudhoyono, SBY Ungkap  Cinta & Kerinduan Lewat Lagu
- Tanpa terasa, sudah 6 bulan kepergian Ani Yudhoyono. Ibu negara ke-6 Republik Indonesia ini berpulang tepat pada 2 Juni 2019 akibat kanker darah yang diidapnya.

Bulan berlalu, kesedihan masih membekas di hati Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada beberapa waktu lalu, sang anak Agus Yudhoyono juga mengungkap kalau SBY masih membutuhkan self healing, untuk mengatasi rasa kehilangan istri tercinta.


Bahkan, hingga saat ini SBY menolak untuk bepergian ke luar negeri. Lantaran, belum sanggup mengingat kenangan bersama almarhumah Ani, dimana pun negara yang akan ditujunya nanti, Bun.


Soalnya selama mereka menikah, Ani selalu setia mendampingi SBY ketika melakukan kunjungan ke berbagai negara. Benar-benar cinta sejati ya.

Kini, untuk mengungkap kerinduan sekaligus cinta yang mendalam, SBY mempersembahkan lagu Seruling di Lembah Sunyi untuk almarhumah Ani. Lagu ciptaan V. Nanda Leimena ini diiringi musik dari Tophati dengan video clip memasukkan foto-foto jepretan Ani semasa hidupnya.

Tak hanya itu saja, karena SBY dan keluarga juga memutuskan untuk menghidupkan kembali Instagram Ani Yudhoyono. Hal itu mereka lakukan untuk mengenang memori, pemikiran, dan legacy almarhumah Ani. Nantinya, Instagram Ani akan dikelola oleh SBY dan tim media sosial mereka.

"Seruling di Lembah Sunyi untuk Istri Tercinta. Teman-teman followers yang baik," tulis SBY dalam caption.

"Hari ini, 1 Desember 2019 - tepat setengah tahun berpulangnya istri tercinta Ani Yudhoyono. Kepergiannya meninggalkan duka dan rasa kehilangan yang amat dalam bagi saya dan keluarga. Saya tahu, para sahabat almarhumah juga merasakan kehilangan itu.⁣"

"Melalui lagu 'Seruling di Lembah Sunyi' ini saya ingin mengenang dan mengungkapkan rasa cinta saya yang abadi kepada sang belahan jiwa, yang kini berada di keabadiannya.""

6 Bulan Kepergian Ani Yudhoyono, SBY Ungkap  Cinta & Kerinduan Lewat LaguKenangan SBY bersama Ani Yudhoyono/Foto: dok detikcom

"Sebagai bentuk kasih sayang dan penghormatan kepada Ibu Ani, sejak hari ini, saya dan keluarga mengaktifkan kembali akun instagram ini dengan nama Ani Yudhoyono In Memoriam."

Insya Allah, kami akan terus melestarikan dan menghidupkan berbagai nilai (values), pemikiran dan "legacy" almarhumah. Semoga ini semua dapat menghidupkan kenangan manis dan mengobati kerinduan kita kepada almarhumah Ani Yudhoyono.⁣"

Mengikis kesedihan akibat ditinggal orang yang tersayang memang bukan hal mudah. Bagi sebagain orang, butuh waktu lama untuk bisa kembali melanjutkan hidupnya.

Sama seperti halnya SBY yang merasa kehilangan belahan jiwanya. Untuk mengobati rasa kehilangan butuh penyembuhan dengan berbagai cara.

Jika dulu almarhum Habibie memilih menulis untuk mengekspresikan rasa kehilangannya pada Ainun. Maka kini, SBY memilih untuk menyanyikan sebuah lagu untuk Ani.

6 Bulan Kepergian Ani Yudhoyono, SBY Ungkap  Cinta & Kerinduan Lewat LaguKenangan SBY bersama Ani Yudhoyono/Foto: dok detikcom

Menurut pakar pernikahan dan hubungan, Sherri Stritof, kehilangan pasangan bisa menghancurkan seseorang terutama secara psikologi. Apalagi jika pasangan meninggal mendadak atau sudah lama sakit. Kehidupan bisa terasa sangat sepi, meski kehadiran anak dan cucu tak pernah absen mengelilinginya.

"Seiring berjalannya waktu, kesedihan Anda akan mereda dan perlahan Anda akan membangun rencana ke depannya untuk diri sendiri," ujar Stritof, dilansir Very Well Mind.


Lebih lanjut Stritof mengatakan, mencari dukungan menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan diri dari rasa kehilangan. Perhatikan pula kesehatan fisik, dan terima keadaan meski masih merasakan kesedihan.

6 Bulan Kepergian Ani Yudhoyono, SBY Ungkap  Cinta & Kerinduan Lewat Lagu
Bunda, simak juga yuk dalam video di bawah kesedihan Ade Jigo kehilangan istri dalam tragedi Tsunami setahun lalu.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi