sign up SIGN UP search


moms-life

5 Jus Buah yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Ratih Wulan Pinandu   |   Haibunda Senin, 30 Dec 2019 16:00 WIB
Jus buah dipercaya kaya serat yang bagus untuk membantu proses penurunan berat badan. Serta membuat kenyang lebih tahan lama, dan aman untuk jangka panjang. caption
Jakarta - Bunda, jelang tahun 2020 sudah ada yang membuat resolusi menurunkan berat badan? Wah, pas banget nih, ada beberapa jus buah yang bagus untuk diet.

Buah sendiri dipercaya sebagai camilan siap saji alami yang kaya kandungan vitamin, serat, dan nutrisi lain. Sehingga cocok untuk diet sehat. Apalagi buah juga rendah kalori dan tinggi serat, yang dipercaya sangat bagus untuk menurunkan berat badan.


Melansir Healthline, pada faktanya makan buah berkaitan dengan berat badan yang lebih rendah. Serta minim risiko diabetes, mengurangi ancaman darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung.


Itu sebabnya, melakukan diet dengan mengonsumsi jus buah sangat umum dilakukan, Bunda. Tapi, perlu diingat jika ingin melakukan diet dengan mengonsumsi jus harus memilih waktu yang tepat. Sehingga dapat meningkatkan kebutuhan nutrisi sekaligus menurunkan berat badan.

Cara mengolahnya pun harus benar, agar diet jus buah ini aman dilakukan dalam waktu berkelanjutan. Salah satunya disarankan untuk memeras dengan teknik yang benar. Sehingga Bunda kenyang dan mendapatkan suntikan energi untuk beraktivitas.

Selama ini, jus buah terbukti bisa menurunkan berat badan secara drastis. Tapi, mulai sekarang Bunda bisa memanfaatkan diet jus buah untuk jangka panjang.

5 Jus Buah yang Bagus untuk Menurunkan Berat BadanJus apel untuk turunkan berat badan/Foto: iStock

Takaran minum

Sangat ideal untuk minum jus buah dalam kondisi perut kosong. Bunda bisa membiasakan mengonsumsi jus buah sebelum makan untuk menghindari gangguan pada proses pencernaan. "Di pagi hari, tubuh masih pulih dari detoksifikasi semalam dan sangat ideal untuk menjadikan jus sebagai makanan pertama di pagi hari," terang Dr Deepti Bagree, ahli gizi dan Kepala Departemen Kesehatan di Holistic Living Concepts.

Bagree merekomendasikan agar orang yang mengonsumsi jus buah untuk menurunkan berat badan, memilih 2-3 kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Bunda bisa memulai dengan segelas jus 200 ml. Awalnya, jus buah bisa mengeluarkan racun lewat air kencing yang frekuensinya jadi meningkat.

"Ketika tubuh sudah terbiasa, Bunda bisa menambah asupan jus menjadi sekitar 250-300 ml," ujar ahli gizi integratif, Payal Kothari dilansir Hindustan Times.

Buah-buahan dipenuhi dengan serat yang meningkatkan pencernaan. Nah, mau tahu rekomendasinya? Simak ulasannya di bawah ini ya, Bunda!

1. Apel

Apel merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi serat, dengan catatan 16 kalori dan 5,4 gram serat per buah besar. Itu sebabnya, buah apel banyak digunakan untuk menurunkan berat badan.

Buah-buahan seperti apel yang rendah kalori juga lebih mengenyangkan. Sehingga bisa hanya memakan lebih sedikit dibanding makanan lain. Apel dapat mengurangi rasa lapar dalam mengendalikan nafsu makan.

5 Jus Buah yang Bagus untuk Menurunkan Berat BadanJus apel untuk turunkan berat badan/Foto: iStock

2. Markisa

Buah markisa mengandung 17 kalori dan kaya serat, vitamin c, vitamin A, zat besi dan kalium. Markisa memiliki serat makanan yang cukup. Serat akan memperlambat pencernaan, sehingga membantu Bunda jadi kenyang tahan lama.

Buah markisa juga menyediakan piceatannol, zat yang terkait dengan pengurangan tekanan darah dan peningkatan sensitivitas insulin pada pria yang kelebihan berat badan.

3. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi. Kiwi juga merupakan sumber vitamin C, vitamin E, folat dan serat yang baik.

Dalam sebuah studi, tercatat bahwa kiwi dapat mengontrol gula darah, meningkatkan kolestrol, dan mendukung kesehatan usus. Serta sangat mendukung proses penurunan berat badan.

5 Jus Buah yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badanjus apel untuk turunkan berat badan/Foto: iStock

4. Melon

Melon adalah buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan air tinggi. Sehingga sangat cocok dimakan saat dalam program penurunan berat badan. Melon juga kaya serat, kalium, antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, dan likopen.

5. Jeruk

Jeruk rendah kalori, tinggi vitamin C dan juga kaya serat. Selain dibuat jus, jeruk juga bisa dikonsumsi dalam bentuk irisan dan buah-buahan utuh. Tidak hanya menghasilkan lebih sedikit rasa lapar dan asupan kalori, tetapi juga meningkatkan rasa kenyang.

Jus buah berikut juga bagus digunakan untuk diet lho, Bun. Langsung buka video di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!