Sign Up search


moms-life

Tips Kontrol Nafsu Makan Saat Libur Panjang agar Badan Tak Melar

Melly Febrida Rabu, 01 Jan 2020 19:37 WIB
Tips Kontrol Nafsu Makan Saat Libur Panjang agar Badan Tak Melar caption
Jakarta - Di hari libur panjang, kebanyakan orang tidak memperhatikan makanan yang disantapnya. Waktu kumpul dengan keluarga kadang bikin susah mengontrol makan. Gimana caranya agar Bunda bisa mengontrol makan?

Ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, mengatakan semua makanan yang biasa menghiasi meja makan saat Natal, seperti keju, daging, tak terkecuali kue, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung banyak gula dan lemak.




"Semua makanan terutama suguhan kue-kue, basah maupun kering, karena banyak gula dan lemaknya," kata Victoria mengutip detikcom

Sementara itu, Kamille Schaffner, ahli nutrisi yang juga pendiri My London Nutritionist mengatakan ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi terlalu banyak makan saat Natal dan mengurangi risiko perut kembung.

"Lakukan satu hari tanpa daging (idealnya vegan) setiap minggu dengan fokus makan sayuran segar, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian," kata Schaffner mengutip Express.

Ilustrasi kontrol nafsu makanIlustrasi kontrol nafsu makan/ Foto: Shutterstock
Schaffner menjelaskan, daging bisa diganti ikan yang bisa membuat Bunda merasa kenyang lebih lama.

"Cod, salmon, tuna, sarden, trout, dan makanan laut kaya akan vitamin D dan asam lemak esensial Omega-3, Seng dan Selenium yang merupakan nutrisi yang sangat kita butuhkan untuk membantu mengatur imunitas," ujarnya.

Schaffner bilang, untuk sayur dan buah bisa dikonsumsi dalam bentuk smoothie, sup, atau salad. Yang terpenting meningkatkan kandungan serat sehingga membantu tubuh mengeluarkan racun yang terkumpul sebelumnya.

Selain itu, Schaffner juga merekomendasikan makan protein berkualitas tinggi setiap hari, misalnya yoghurt Yunani untuk menjaga saluran pencernaan tetap sehat dan berfungsi. Yoghurt merupakan salah satu makanan super sederhana yang membuat sistem kekebalan tubuh kuat dan pencernaan bekerja secara optimal karena tingginya probiotik (bakteri baik).



Yoghurt Yunani kata Schaffner juga bisa jadi camilan, Bun. Tinggal menambahkan buah-buahan, beri, gandum, atau potongan wortel, mentimun, seledri, dan segenggam kacang untuk camilan sore hari yang sehat dan sempurna.

"Jangan lupa pentingnya tetap terhidrasi. Sebaiknya, sesering mungkin minum air putih, jus segar, dan teh herbal, ketimbang minuman manis lain," ucapnya.

Simak kondisi usus orang yang kebanyakan makan gorengan di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi