Sign Up search


kehamilan

7 Jus Buah Sehat yang Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil

Ratih Wulan Pinandu Selasa, 31 Dec 2019 08:00 WIB
7 Jus Buah Sehat yang Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil caption
Jakarta - Salah satu kekhawatiran ibu hamil adalah memenuhi kebutuhan nutrisi janinnya. Termasuk juga asupan air minum yang meningkat selama kehamilan. Baik itu dari air putih, maupun dari jus buah, Bunda.

Apalagi di awal kehamilan, banyak ibu hamil yang kerap mengalami mual, kembung, dan nafsu makan berkurang. Padahal, bayi dan Bunda membutuhkan banyak nutrisi selama masa vital ini.


Vitamin prenatal harian, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Tapi, vitamin yang rutin dikonsumsi tiap hari ini tidak akan bisa menggantikan gizi dari makanan yang sesungguhnya.


Nah, buah-buahan dan sayuran adalah dua sumber nutrisi besar yang bagus memenuhi kebutuhan harian ibu hamil. Tetapi sayangnya kedua itu bisa sulit dicerna oleh perut yang sudah sensitif.

Cara termudah untuk mengemas sejumlah besar vitamin dan nutrisi dalam satu gelas adalah dengan membuat jus. Keuntungan lainnya, jus tidak membuat kandungan di dalamnya terurai. Nutrisi akan diserap semuanya dalam aliran darah.

"Jus segar mengandung vitamin, mineral, dan bahan kimia tanaman (fitonutrien) yang baik untuk Bunda," ungkap Alyssa Chan, ahli diet SingHealth Polyclinic (SHP) dikutip dari Healthxchange.

Cara membuat jus aman untuk ibu hamil

7 Jus Buah Sehat yang Bagus Dikonsumsi Ibu HamilJus stroberi untuk ibu hamil/ Foto: Ilustrasi/thinkstock

1. Jus harus dipasteurisasi atau diminum dengan segera

Melansir Conceiveabilities, jus dapat mengembangkan E.Coli atau listeria jika dipisahkan dari buah terlalu lama. Wanita hamil 20 kali lebih mungkin terinfeksi oleh listeria, yang dapat ditularkan janin melalui plasenta.

Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit neurologis yang parah, epilepsi, bahkan kelahiran mati. Itu sebabnya, sangat disarankan untuk tidak membiarkan jus terlalu lama sebelum diminum. Lebih baik membuat jus yang dibuat sendiri atau sudah melalui proses pasteurisasi.

2. Hati-hati pada kadar gula darah

Jus buah memang menyegarkan, tetap juga sangat tinggi gula. Saat membuat jus buah sebaiknya hindari lonjakan kadar gula darah. Wanita yang didiagnosis mengalami diabetes gestasional harus memonitor kadar gula darahnya dengan seksama.

Jus yang direkomendasikan untuk ibu hamil

Bunda ingin banyak mengonsumsi jus buah selama kehamilan? Melansir Parenting Firstcry, berikut 7 jus buah yang bagus untuk janin dan ibu.

1. Jus stroberi

Stroberi memiliki kandungan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh. Ini juga bermanfaat untuk menjaga cahaya alami kulit. Selain itu, stroberi juga memiliki kandungan folat yang membantu sistem kekebalan bayi.

Cara membuat: bilas stroberi dengan air dingin dan cincang dengan baik. Haluskan semua buah cincang sampai mendapatkan pure yang halus. Bunda juga bisa menambahkan es batu ke dalamnya.

2. Jus bit

Buah bit dapat membantu meningkatkan energi ibu hamil. Kandungan zat besi di dalam buah bit bisa mencegah anemia. Jus ini bisa ditambahkan dalam menu sarapan sebagai suplemen alami.

Cara membuat: potong bit menjadi beberapa bagian, lalu masukkan ke dalam blender. Setelah lumat, tambahkan es dan sebaiknya diminum dengan segera.

7 Jus Buah Sehat yang Bagus Dikonsumsi Ibu HamilJus jambu untuk ibu hamil/Foto: iStock

3. Jus jambu biji

Dalam jambu biji terkandung vitamin C yang bagus untuk tubuh. Sehingga bagus dikonsumsi selama hamil. Selain itu, juga bagus untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Selain itu, bagus untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan mengurangi risiko anemia. Jus jambu biji juga kaya akan asam askorbat atau vitamin C. Sehingga bagus untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh seorang ibu.

Cara membuat: Rebus jambu biji dan biarkan dingin dengan sendirinya. Setelah itu haluskan menjadi jus. Bunda juga bisa menambahkan es batu, air jahe atau lemon, untuk membuat rasa lebih segar.

4. Jus wortel

Wortel kaya akan kalsium dan membantu perkembangan tulang serta gigi bayi, Wortel juga merupakan sumber Vitamin C, Vitamin A, dan beta-karoten yang baik dan bertindak sebagai antioksidan dalam melindungi ibu dari radikal bebas.

Cara membuat: bersihkan wortel dengan benar. Lalu, potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam juicer. Setelah tercampur rata, tuang ke dalam gelas untuk segera dimunum.

7 Jus Buah Sehat yang Bagus Dikonsumsi Ibu HamilJus jeruk untuk ibu hamil/Foto: iStock

5. Jus jeruk


Menurut penelitian, jeruk dapat membantu mengurangi risiko penyakit alergi pada bayi. Ini juga membantu dalam pembentukan jaringan baru dan sel darah merah. Jus jeruk juga berperan dalam mengembangkan plasenta pada wanita hamil.

Cara membuat: kupas jeruk dan campur dalam mixer. Saring campuran sebelum meminumnya.

6. Jus lemon

Lemon merupakan sumber Vitamin C dan mengandung antioksidan. Jus lemon juga bagus untuk menjaga tekanan darah tinggi selama kehamilan. Serta membantu mengontrol pergerakan usus selama kehamilan, juga dikenal untuk menyembuhkan masalah gangguan pencernaan dan sembelit selama kehamilan.

Cara membuat: ambil dua buah lemon dan peras dalam gelas. Tambahkan garam atau gula sesuai dengan keinginan Bunda.

7. Jus apel

Jus apel dapat mencegah kenaikan badan saat hamil. Kandungan apel juga dapat membantu perkembangan otak bayi. Selain itu, kandungan buah apel juga dapat meningkatkan imuniasi imunitas dan mencegah gangguan tidur. Apel juga dikenal sebagai sumber zat besi, sehingga dapat mencegah kehamilan.


Cara membuat: ambil 2-3 buah apel dan kupas kulitnya. Rebus apel dan biarkan dingin sebelum di-blender. Tuangkan jus apel ke dalam gelas, lalu tambahkan perasan jeruk nipis untuk untuk menambahkan rasa.

Selamat mencoba!

Bunda, simak juga resep jus jagung alpukat dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi