moms-life

Tips Memasak Sayuran Agar Tetap Berwarna Hijau

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 13 Jan 2020 16:37 WIB
Tips Memasak Sayuran Agar Tetap Berwarna Hijau
Jakarta - Menyajikan sayuran tetap berwarna hijau segar menjadi tantangan tersendiri. Seringkali, sayur yang direbus terlalu matang membuat warnanya tak lagi cantik.

Melansir CNN, saat merebus sayur sebaiknya perhatikan waktu masak, suhu, dan jumlah air untuk merebusnya. Ini menjadi kunci agar sayuran tetap berwarna hijau tanpa harus kehilangan nutrisi.


Ahli diet, Elaine Magee menyarankan, teknik mengukus akan lebih baik untuk memasak sebagian besar sayur, agar warnanya tetap cantik dan gizinya tidak hilang.


"Merebus sayuran menyebabkan vitamin larut dalam air seperti vitamin C, B1, dan folat. Jadi, kecuali Bunda akan minum air bersama sayurannya seperti membuat sup, menggunakan teknik mengukus menjadi alternatif yang bisa dilakukan untuk mematangkan sayuran," ujarnya.

Foto: iStocTips Memasak Sayuran Agar Tetap Berwarna HijauTips merebus sayuran agar tetap hijau/Foto: iStock


Untuk memudahkan pemasakan, gunakan steamer tertutup untuk mempertahankan gizi sayuran yang dikukus, Bun. Kemudian, jangan berlebihan memberikan air di dalam kukusan karena semakin sedikit air yang digunakan maka semakin banyak vitamin dan mineral yang disimpan, seperti dikutip dari laman Richardocuisine.

Kemudian, jangan memasaknya terlalu lama. Ini dikarenakan senyawa asam hadir secara alami di semua sayuran. Klorofil dilindungi oleh dinding yang menjaga jarak senyawa-senyawa ini. Ketika dindingnya rusak saat memasak maka akan memungkinkan senyawa asam bersentuhan dengan klorofil dan mengubah warnanya.


Perlu Bunda tahu bahwa semakin lama sayuran dimasak maka semakin banyak molekul klorofil yang diubah. Selain itu, sayuran akan kehilangan warna hijaunya yang indah. Itu sebabnya, pastikan Bunda memasaknya dengan benar. Kurangi waktu memasak untuk mempertahankan warnanya. Baik dalam air, dikukus atau digoreng, memasak sayuran hijau selama 5-7 menit akan melindungi klorofil terhadap kerusakan asam.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga yuk resep membuat resep salad sayur dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]






(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi