sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda, Hindari 9 Buah-buahan yang Bikin Diet Gagal

Yuni Ayu Amida Senin, 13 Jan 2020 18:14 WIB
Buah memang makanan menyehatkan, Bunda. Namun, jika sedang diet mesti memperhatikan buah yang akan dikonsumsi karena ada buah yang bisa bikin diet gagal. caption
Jakarta - Salah satu makanan yang bisa menyukseskan diet adalah buah. Namun, jika tidak hati-hati memilih varian buah maupun takaran konsumsinya, diet bisa saja gagal, Bunda.

Beberapa jenis buah mengandung gula yang sangat tinggi, sehingga harus dibatasi konsumsinya. Hal ini senada dengan penjelasan pakar nutrisi Liana Bonadio, bahwa buah bisa menjadi buruk untuk orang yang sedang diet karena kandungan gula yang tinggi.


"Buah adalah makanan yang tepat untuk dijadikan camilan jika Anda ingin kurangi berat badan, tapi juga mempunyai reputasi buruk karena kandungan gulanya," ungkap Bonadio, dilansir Daily Mail.


Meski begitu, Bonadio menambahkan, jika buah dikonsumsi utuh tidak dibuat jus atau smoothie, seratnya akan membantu tubuh menyerap gula secara perlahan-lahan sehingga lebih sehat. Cara mengonsumsinya juga mesti tepat, Bunda.

"Hati-hati untuk membatasi porsi makan buah Anda, tak lebih dari dua porsi buah per hari. Cobalah menambah sedikit protein dalam bentuk kacang-kacangan dan biji-bijian untuk lebih memperlambat penyerapan gula buah oleh tubuh," terang Bonadio.

Bunda, berikut ini beberapa buah yang sebaiknya dihindari ketika Bunda sedang diet, seperti dikutip dari buku DEBM Diet Enak, Bahagia & Menyenangkan.

1. Pepaya

Dalam 100 gram pepaya ada 1,7 gram serat. Bandingkan dengan nasi yang hanya 0,4 gram serat. Tak hanya itu, dalam 100 gram pepaya juga mengandung 3 gram gula. Meski melancarkan pencernaan, tapi tidak terlalu membantu untuk menurunkan berat badan.

2. Mangga

Bunda, Hindari 9 Buah-buahan yang Bikin Diet GagalBunda, Hindari 9 Buah-buahan yang Bikin Diet Gagal/ Foto: iStock


Tahukah Bunda, dalam 100 gram mangga terdapat 14 gram gula? Jadi, makan satu buah mangga seberat 100 gram sama saja dengan makan 42 gram gula. Kalau begini kapan kurusnya?

3. Nanas

Sama halnya dengan mangga, nanas juga kadang dianggap sebagai buah yang bisa bikin kurus. Padahal, dalam 100 gram nanas terdapat 10 gram gula lho.

4. Semangka

Per 100 gram semangka ada 8 gram karbo. Bukan hanya itu, tetapi Glycemic index dari semangka ada di angka 70. Ini artinya gula dari semangka dengan cepat berubah jadi gula darah. Nah, kalau kita tidak segera olahraga, gula darah bisa berubah jadi lemak.

5. Kelapa

Meskipun kelapa adalah buah yang sangat menyegarkan, tapi dalam 100 gram daging buah kelapa mengandung 115 gram karbohidrat, serta 9 gram serat. Ini sama saja Bunda memberi tubuh asupan gula yang banyak.

6. Salak

Bunda perlu tahu, per 100 gram salak mengandung karbohidrat 21 gram dan serat 3 gram.

7. Buah naga

Dalam 100 gram buah naga mengandung 12 gram karbohidrat dan 2 gram serat. Jadi kalau Bunda lagi diet, jangan banyak-banyak mengonsumsinya walaupun rasanya enak ya.

8. Kiwi

Kiwi memiliki vitamin C lebih banyak daripada jeruk. Tapi dalam 100 gram kiwi mengandung 15 gram gula dan 3 gram serat. Belum lagi Glycemic index yang sangat tinggi, tidak beda jauh dengan nasi. Jadi, makan satu buah kiwi sama dengan makan 2 sendok teh gula.

9. Anggur

Per 100 gram anggur mengandung 17 gram karbo dan 0,9 gram serat, bisa dikatakan hampir tidak ada serat. Jadi kurang bagus jika dikonsumsi saat diet.

Tak hanya 9 buah itu, Bunda, rujak yang juga kerap dianggap makanan sehat karena mengandung buah, sebenarnya bukan makanan tepat bagi pelaku diet. Kalau kita perhatikan, bumbu rujak banyak mengandung gula merah, serta kacang tanah yang tinggi kalori. Bukan cuma itu, memasak kacang tanahnya juga dengan cara digoreng, yang menambah nilai kalorinya.

Jadi sebaiknya, jika ingin diet hindari makan rujak ya, Bunda. Apalagi mengonsumsinya berlebihan. Nanti dietnya bisa gagal.


Simak juga tips diet dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi