sign up SIGN UP search


moms-life

Istri Tersiksa 8 Bulan Saat Lilik Ajak Anak Naik Motor ke Mekkah

Annisa Karnesyia Kamis, 16 Jan 2020 09:15 WIB
Rasa cinta pada dua sosok wanita di hidupnya, yaitu ibu dan istri membuat Lilik berani mengajak anaknya, yang berusia 4 tahun naik motor dari Jambi ke Mekkah. caption
Jakarta - Masih ingat kisah ayah dan anaknya yang berusia 4 tahun naik motor dari Jambi ke Mekkah, Bunda? Baru-baru ini keduanya kembali membagikan cerita tentang perjalanan mereka.

Lilik Gunawan dan putranya Balda melewati 8 negara untuk bertemu ibu dan istrinya, Mardiani Gunawan selama 8 bulan. Alasan Lilik melakukan perjalanan ini adalah karena rasa cinta yang begitu besar pada agama dan orang-orang di sekitarnya, Bun.


"Jadi perjalanan ini karena kecintaan saya, karena saya muslim, dengan Rasulullah, dengan Allah, rindu Baitullah, dan kecintaan saya pada dua wanita terbaik, ada ibu dan istri saya," kata Lilik dalam acara Hitam Putih di Trans 7, baru-baru ini.


Meski begitu, Lilik mengaku jika apa yang dilakukannya tak sebanding dengan cinta yang diberikan ibu dan istrinya. Melalui doa ibu dan sang istri, dia dan putranya bisa menempuh perjalanan yang tidak sebentar itu.

"Setiap kita pasti punya cara untuk memberikan feedback terhadap cinta mereka dengan hal yang terbaik dan ini menurut saya adalah hal yang terbaik yang bisa saya lakukan, meskipun tidak sebanding lah dengan cinta yang mereka berikan," ujarnya.

Dari perjalanan penuh makna ini, Lilik juga mendapatkan kado spesial. Beberapa komunitas muslim di Abu Dhabi memberikan kesempatan ibu dan istrinya berangkat umrah.

"Komunitas muslim di sana, mereka berinisiasi, 'kami mau kasih hadiah nih untuk Balda, kami mau umrahkan ibu sama istri mas Lilik'," ungkapnya.

Lilik dan BaldaLilik dan Balda/ Foto: Instagram

Balda enggak tahu jika sang Bunda dan neneknya telah sampai di Madinah, Arab Saudi untuk umrah. Menurut Lilik, tepat jam 3 pagi, ibu dan anak ini bertemu setelah berpisah selama 8 bulan.

Lilik tak bisa mengungkapkan rasa bahagianya ketika berjumpa dengan istri dan ibunya di Madinah. Begitu pun sang istri, Mardiani.

"Terharu waktu ketemu, saya nangis sama ibu juga, ketemu sama suami yang sudah 8 bulan tidak bertemu di negeri orang sama anak," papar Mardiani.

Saat ditanya perasaannya ditinggal 8 bulan oleh suami dan anak, Mardiani tak menyangkal jika dirinya khawatir. Namun, dia selalu yakin dan percaya kalau suami dan anaknya selalu dilindungi Allah SWT.

"Campur aduk, rasanya ada kekhawatiran pasti, tapi saya yakin karena sudah melihat report dan secara fisik sudah dilatih si Balda," kata Mardiani.

"Saya hanya bisa berdoa setiap perjalanan ada pertolongan dari Allah. Teknologi ada, tiap hari video call sama Balda. Alhamdulilah sampai Mekkah enggak pernah sakit, cuma batuk pilek saja," lanjutnya.

Pertemuan Lilik dan istrinya, MardianiPertemuan Lilik dan istrinya, Mardiani/ Foto: Instagram

Saat ini motor yang dipakai Lilik dan Balda sedang dilelang, Bun. Rencananya hasil penjualan motor akan digunakan untuk membangun dua masjid di dekat rumah Mardiani dan ibu Lilik.

Sebelumnya, Lilik kerap membagikan momen perjalanannya bersama Balda di Instagram. Beberapa negara yang dilewatinya adalah Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Myanmar, India, Pakistan, Iran, dan United Arab Emirates (UAE).

Delapan bulan bukanlah waktu yang sebentar bagi Lilik dan Balda menempuh perjalanan Jambi-Mekkah. Di antara waktu itu, ayah dan anak ini juga harus melewatkan momen wisuda Mardiani. Dalam unggahan di Instagram, diketahui jika Mardiani baru saja meraih gelar Magister Kesehatan di Universitas Diponegoro Semarang.


Saat berjumpa dengan ibu dan istrinya, tangis mereka pun pecah. Pertemuan mereka diabadikan dalam foto dan terlihat Mardiani memeluk erat sang putra.

"Dan perjumpaan yang Indah pun terjadi. Balda bertemu Uminya setelah 8 Bulan berpisah. Saya pun bertemu dengan Ibu tercinta saya. "Maaf ya mi, mbah...kami hanya bawa rindu dan Air Mata..." Tangis kami pun pecah di sepertiga malam terakhir di bawah langit Madinah Al Munawaroh di saksikan Tim Pendamping dan para Bikers dari Honda Goldwing Club Madinah yang mengawal kami mulai dari batas kota Madinah sampai Wisma Indonesia Madinah. Alhamdulilah Ya Rabb..." tulis Lilik.

Wah, salut ya sama keberanian, kepercayaan, dan rasa cinta keluarga ini!

Simak juga kiat Tasya Kamila menjaga hubungan harmonis saat LDR, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi