sign up SIGN UP search


moms-life

Dear Para Ayah, Yuk Lebih Dekatkan Diri ke Anak-anak

Melly Febrida Senin, 25 Jun 2018 10:58 WIB
Sering kali anak lebih dekat dengan ibu, ketimbang ayahnya. Karena itu para ayah pun didorong untuk lebih punya waktu dengan anaknya. caption
Jakarta - Ayah biasanya sibuk dengan pekerjaannya. Sampai-sampai waktu dengan anak pun nyaris nggak ada. Jangan sampai anak lebih memilih smartphone ketimbang bermain bersama ayahnya ya.

Sebuah badan amal di Wales, Dad's Can, sedang menggalang dana untuk membantu para ayah meningkatkan hubungannya dengan anak-anak nih, Bun. Di Wales sendiri ada daerah yang jumlah keluarga single parent-nya tinggi lho, sekitar 100 keluarga. Daerah itu bernama Merthyr.

Berdasarkan survei Dad's Can, satu dari tiga anak tumbuh tanpa kehadiran ayah mereka. Bahkan anak usia 15 tahun lebih mungkin menghabiskan waktu bersama smartphone daripada bersama ayah mereka saat berada di rumah.


Badan amal itu juga mengatakan ayah sering kali 'diasingkan' pada tahun-tahun awal pengasuhan anak. Masyarakat kebanyakan lebih fokus terhadap pengasuhan dengan ibu.

Padahal bunda dan ayah perlu saling bekerja sama agar menjadi teladan positif dalam kehidupan anak-anak mereka.

Ada sekitar 400 orang yang ikut bagian dalam proyek Dad's Can selama tiga tahun pertamanya, salah satunya Nathan Urquhart. Pria itu bilang sudah nggak ada hubungan lagi dengan ayahnya, Bun. Ia sering dihukum ayahnya karena melawan,

"Saya memiliki seorang ayah tetapi saya melihat seorang ayah hanyalah seseorang yang menyumbangkan DNA-nya. Dia sering menyakiti saya ketika tumbuh besar. Saya khawatir, saya akan seperti ayah saya, dan itu membuat saya takut," kata Nathan seperti dilansir ITVnews.

Nathan menambahkan ibunya memang sudah melakukan yang terbaik, tapi ia sering bekerja. Sedangkan ayahnya tak melakukan apapun untuk menunjukkan kepada dirinya harus menjadi anak seperti apa.

Proyek percontohan amal itu, lanjut Nathan, bertujuan untuk melatih para ayah yang mungkin memiliki masa lalu yang sulit, dengan masalah-masalah seperti rendahnya harga diri, kesehatan mental dan gangguan hubungan.



Proyek ini memang nggak berlebihan ya, Bun. Apalagi sebuah penelitian dari Emory University, Atlanta, menunjukkan ayah yang bermain dan memeluk anaknya membuat hormon oksitosin dalam tubuh keduanya meningkat lho. Hormon yang sering disebut sebagai 'cuddle hormone' ini membuat anak nyaman dan meningkatkan rasa empatinya.

Peningkatan hormon ini pada ayah berkaitan dengan pengendalian emosi, serta meningkatkan rasa nyaman terhadap si anak. "Perubahan hormon ini meningkatkan kedekatan ayah dan anak, sehingga ayah akan merasa lebih termotivasi untuk menjaga buah hatinya," ungkap peneliti James Rilling, seperti dikutip dari Daily Mail beberapa waktu yang lalu. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi