sign up SIGN UP search


moms-life

Media Kanada Tolak Harry dan Meghan, Dianggap Rusak Sejarah

Annisa Karnesyia Kamis, 16 Jan 2020 14:48 WIB
Pangeran Harry dan Meghan memutuskan akan tinggal bergantian di Inggris dan Kanada. Media Kanada mulai mengkritik keputusan keduanya untuk menetap di Kanada. caption
Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle telah memutuskan mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. Pasangan ini rencananya akan tinggal bergantian di Inggris dan Kanada, Bun.

Berbagai kontroversi baru muncul sejak kabar ini berhembus. Mengutip Daily Mail, sebelumnya, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau disebut telah berjanji pada Ratu Elizabeth II bahwa Kanada akan membantu membiayai keamanan keluarga Harry.


Namun, Menteri Keuangan Bill Morneau menyatakan bahwa Kanada belum tentu melakukannya. Sebab, belum ada diskusi lebih lanjut perihal hal tersebut.

"Belum, kami belum punya waktu untuk memikirkan masalah ini. Sebagai anggota Persemakmuran, kami ingin memastikan jika kami akan ikut berperan. Tapi kami belum ada diskusi soal itu sekarang," ujar Morneau.

Belakangan justru beredar kabar baru lagi. Dilansir New York Post, surat kabar terbesar Kanada, The Globe and Mail mengatakan bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan diterima untuk tinggal di negara yang terkenal ramah itu.

"Menanggapi pengumuman mendadak tentang rencana Pangeran Harry dan Meghan untuk pindah ke Kanada tapi tetap menjadi bagian dari Keluarga Kerajaan, respons pemerintah Trudeau harus sederhana dan ringkas: Tidak," tulis media tersebut.

"Anda boleh mengunjungi, tetapi selama Anda adalah bangsawan senior, Kanada tidak dapat membiarkan Anda datang untuk tinggal. Itu melanggar konstitusional yang tak terucapkan," sambung isi berita.

Rencana kepindahan Harry dan Meghan bisa mengacaukan sejarah panjang negara Kanada yang melepaskan diri dari sistem politik Inggris. Menurut media ini, tindakan yang dilakukan Harry bukanlah sesuatu yang mudah diterima.

"Anggota Kerajaan Inggris tinggal di negara ini tidak sesuai dengan hubungan alami antara Kanada dan Inggris dan Kanada dengan Kerajaan," sambungnya.

Keluarga Kerajaan InggrisKeluarga Kerajaan Inggris/ Foto: Paul Grover - WPA Pool/Getty Images

Kanada memisahkan diri dari pemerintahan Inggris berabad-abad lalu. Negara ini menganggap Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin 'boneka' saja dan memiliki wakil yang ditugaskan.

"Meskipun Kanada 'meminjam' dari Inggris, itu bukan berarti Inggris dan tidak akan pernah. Negara ini sudah lama mengambil langkah-langkah untuk membuat pernyataan itu jelas," kata isi editorial itu.

"Jika Anda adalah anggota senior Keluarga Kerajaan kami, negara ini tidak dapat menjadi rumah Anda."

Hingga kini, nasib Harry dan Meghan memang belum diputuskan Kerajaan Inggris. Meski begitu, Ratu Elizabeth sudah menyetujui cucunya untuk hidup mandiri.


Hidup mandiri artinya kita sudah siap tidak bergantung dengan orang lain ya, Bun. Menurut Mica B. Estrada, Ph.D., profesor di University of California, San Francisco, budaya barat modern tampaknya menganggap seseorang lemah jika dia membutuhkan bantuan orang lain.

"Tetapi dalam beberapa budaya, orang kuat justru membiarkan dirinya bergantung pada orang-orang di komunitasnya ketika membutuhkan.," ujar Estrada, dikutip dari Psychology Today.

Dalam hal ini, mengabaikan situasi keuangan tidak akan membantu mengatasi masalah untuk jadi mandiri. Bekerjalah untuk bisa mandiri secara finansial dan melepaskan rasa khawatir.

Simak juga kiat harmonis keluarga Oka Antara, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]


(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi