sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Memilih Pakaian yang Nyaman dan Stylish Pasca Melahirkan

Inda Endaliani Kamis, 23 Jan 2020 17:26 WIB
Setelah melahirkan, Bunda akan sibuk mengurus bayi. Berikut tips memilih pakaian pasca melahirkan yang nyaman untuk menjalani aktvitas namun tetap stylish. caption
Jakarta - Pasca melahirkan Bunda akan dihadapkan dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam tubuh. Dilansir Insider, bukan hanya kita saja Bun, tapi artis sekelas Kylie Jenner pun ikut curhat tentang perubahan-perubahan di bentuk badannya setelah melahirkan di tahun 2018.

Perubahan seperti perut yang lebih besar, lingkar pinggang yang tidak se-slim dahulu, payudara yang tampak tiga kali lebih besar dan timbul stretch mark. Lengkaplah sudah! Jangan stres dahulu Bun, berikut tips memilih pakaian pasca melahirkan supaya bunda dapat tetap tampil fashionable dan nyaman menghadapi bentuk tubuh yang baru.


1. Berkreasilah dengan baju semasa hamil


Dikarenakan berat badan belum kembali seperti semula, mungkin Bunda masih bisa mempergunakan beberapa outfit yang dahulu semasa hamil dikenakan namun dengan sedikit modifikasi. Penggunaan aksesori, syal, belt sangat mempengaruhi penampilan Bunda untuk terlihat lebih ramping. Untuk Bunda yang dahulu sewaktu hamil cenderung memilih warna-warna gelap, mungkin pasca melahirkan bisa mencoba menggunakan outfit yang sedikit lebih terang untuk memberi kesan lebih fresh.

2. Mulai membeli dress menyusui

Pengalaman Bubun yang sudah tiga kali melahirkan dan menyusui, punya beberapa koleksi dress menyusui itu investasi penting untuk terlihat tetap stylish tanpa ribet. Pasca melahirkan, Bunda pasti sibuk mengurus si kecil, kurang tidur, dan tidak punya banyak waktu untuk mix and match outfit sebelum ke kantor. Untuk dapat terlihat cantik, Bunda tinggal mengenakan dress menyusui andalan, dengan sepatu dengan warna senada. Selain terlihat rapi, dress menyusui juga membuat bunda lebih mudah untuk pumping ASIP apabila harus menghabiskan banyak waktu di kantor.

3. Kenakan atasan yang berkancing depan

Untuk memudahkan proses menyusui si kecil ataupun melakukan pumping demi mengejar stok ASIP, Bunda bisa mengeluarkan senjata andalan yaitu atasan dengan kancing depan. Untuk tampil kasual bunda bisa memadupadankan dengan maternity legging atau jeans yang Bunda pakai saat hamil atau menggunakan celana kulot. Jenis atasan ini juga sangat multifungsi karena bisa digunakan untuk acara formal di kantor maupun jalan-jalan santai bersama keluarga.

4. Pilih bahan pakaian yang menyerap keringat 

Tips Memilih Pakaian yang Nyaman dan Stylish Pasca MelahirkanIlustrasi pakaian setelah melahirkan. (Foto: iStock)

Menurut American Pregnancy Association, tubuh bunda akan mengandung 50 persen lebih banyak cairan dan darah saat hamil untuk men-support pertumbuhan bayi yang dikandung. Setelah Bunda melahirkan, kelebihan cairan ini akan dikeluarkan melalui keringat dan urine. Itulah sebabnya pasca melahirkan Bunda akan merasa lebih sering berkeringat apalagi saat menyusui. Supaya tetap nyaman, Bunda bisa memilih pakaian pasca melahirkan dengan jenis bahan yang menyerap keringat antara lain katun, linen, dan chiffon.

5. Gunakan selalu nursing bra yang nyaman dan shapewear

Hal yang penting Bunda wajib kenakan setiap hari pasca melahirkan adalah bra menyusui. Karena sekarang banyak sekali variasi bra menyusui, ada baiknya untuk memiliki beberapa bra menyusui untuk berbagai kegiatan. Untuk kegiatan di luar rumah Bunda bisa menggunakan bra menyusui yang memiliki kawat atau dilengkapi dengan soft padding.  Dengan demikian terlihat lebih menyangga payudara dan tidak menerawang.

Namun untuk di dalam rumah, Bunda bisa menggunakan jenis bra tanpa kawat dengan bahan lebih lembut dan tipis supaya lebih nyaman. Selain bra menyusui, yang tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan korset atau shapewear. Selain bisa membantu Bunda untuk kembali slim, dengan penggunaan yang tepat, korset juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh Bunda dan mencegah nyeri punggung. Dilansir dari Dailymail, Jessica Alba adalah salah satu contoh sukses aktris Hollywood yang kembali mendapatkan shape badan yang dia inginkan dengan kerap menggunakan korset selama tiga bulan berturut turut pasca melahirkan.



Semoga bermanfaat.

Inda Endaliani
Puteri Indonesia Intelegensia 2010. Bunda Almer Akhtar Almanzo. Bunda kantoran yang suka bercerita, travelling, beauty, dan fashion. (som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!