Sign Up search


moms-life

Cara Belajar Ikhlas Membina Keluarga dan Rumah Tangga, Penting Bunda Tahu

Kinan Jumat, 14 Feb 2020 14:11 WIB
Cara Belajar Ikhlas Membina Keluarga dan Rumah Tangga, Penting Bunda Tahu caption
Jakarta - Setelah menikah, membina keluarga dan rumah tangga seringkali tidak seindah yang dibayangkan. Pertengkaran pun rentan terjadi. Pemicunya bisa karena masalah ekonomi, hingga kecemburuan. Ikhlas pun menjadi salah satu kunci agar masalah bisa dihindari.

Dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, ikhlas berasal dari bahasa Arab yang asal katanya khalasa yakhlusu khuluus, yang berarti bersih.




Sedangkan berkaitan dengan akhlak, ikhlas berarti takhlisul qalbi min aghradin siwallah, yaitu meniadakan dan membersihkan hati dari tujuan yang selain dari Allah SWT.

Untuk bisa belajar ikhlas, berdasarkan hadis innamal a'malu binniyat wainnama likullim riin manawa, ada rumus yang bisa dilakukan agar bisa meraih keikhlasan dalam hati, Bun.

Pertama, pahami bahwa niat dan rasa ikhlas sama-sama datang dari dalam hati. Maka dari itu, gunakan hati dalam setiap perilaku dan amal perbuatan yang hendak dilakukan. Misal saat sedang sedih dan hendak salat, tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa salat dilakukan secara ikhlas untuk pahala dari Allah SWT saja.

Ilustrasi pasangan muslimIlustrasi pasangan muslim. (Foto: iStock)

"Kedua, selalu tanamkan Allah SWT di dalam hati. Bila seseorang mampu menanamkan Allah SWT di dalam hatinya, hanya ridho Allah SWT yang diburu dari setiap langkahnya, maka dia disebut mukhlisin, orang yang ikhlas," tulis Tim Konsultasi Syariah Ditjen Bimas Islam dalam situs tersebut.



Ketiga, pun demikian berlaku dalam keluarga, Bun. Apabila seseorang mampu memperlakukan istri atau suami, serta anak hanya karena Allah SWT, maka ia telah berhasil menempa diri menjadi seorang yang ikhlas. Membangun keluarga bahagia pun akan terasa lebih mudah jika diiringi dengan keikhlasan.

Simak perjuangan Jodi Super Bejo hijrah di video ini:

[Gambas:Video Insertlive]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi