sign up SIGN UP search


moms-life

6 Alasan Rumah Minimalis Gaya Jepang Jadi Populer di 2020

Annisa Karnesyia Rabu, 19 Feb 2020 10:08 WIB
6 Alasan Rumah Minimalis Gaya Jepang Jadi Populer di 2020 caption
Jakarta - Bicara soal rumah minimalis, tak bisa lepas dari gaya arsitek hunian di negara Jepang. Banyak arsitek menggunakan desain eksterior dan interior Jepang dalam membuat rumah minimalis.

Rumah minimalis Jepang memiliki karakteristik unik, Bun. Hal ini dibenarkan oleh arsitek Jepang, Kengo Kuma.


"Transparansi menjadi karakteristik arsitektur Jepang. Saya mencoba menggunakan bahan ringan dan alami untuk mendapatkan jenis transparansi tersebut," kata Kuma dikutip dari Rethink Tokyo.


Arsitektur Jepang memikat banyak orang dengan menyatukan tradisi lama dan gaya modern. Seperti diketahui, hingga kini design interior rumah Jepang masih mengutamakan unsur tradisional.

Melansir dari Architercture Art Design, rumah minimalis Jepang didasarkan pada hidup yang rapi dan bersih, serta memiliki keseimbangan yang tepat. Hal ini disatukan dengan kebiasaan kuno dan keindahan alam.


Kita dapat meniru gaya Jepang untuk menghadirkan kedamaian, harmoni, dan keseimbangan di dalam rumah, Bun. Berikut 6 alasan rumah minimalis Jepang banyak dijadikan inspirasi dan populer di tahun 2020:

1. Furnitur sedikit

Di rumah asli Jepang, Bunda tidak akan pernah menemukan kamar-kamar berisi furnitur yang terpisah. Orang Jepang memilih untuk sedikit atau tidak memilikinya.

Mereka suka menyimpan bantal lantai dengan meja papan rendah untuk acara-acara seperti upacara minum teh. Bahkan kamar tidur bisa berisi kasur atau tempat tidur rendah saja dan meja samping yang sederhana.

Konsep ini populer karena memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Kita akan merasa bahwa ruangan terlihat lebih besar, karena tidak ada barang furnitur di dalam ruangan.

2. Pintu geser

Rumah-rumah di Jepang lebih kecil dan memiliki pintu geser yang unik. Pintu dan layar geser menyediakan lebih banyak ruang sesuai filosofi Zen.

"Fitur yang paling menarik di sini adalah penggunaan pintu geser. Rumah-rumah Jepang menggunakannya karena keterbatasan ruang," ujar desain arsitek Ornchuma Saraya, dilansir Living ASEAN.

Bunda akan menemukan rumah-rumah tertentu yang memiliki pintu geser dengan desain layar asli Jepang yang dikenal sebagai 'Shoji'. Elemen kunci dari layar ini untuk membiarkan cahaya alami masuk dan memungkinkan kita menikmati pemandangan alam.

Ilustrasi rumah minimalis JepangIlustrasi rumah minimalis Jepang/ Foto: iStock

3. Unsur alami dari kayu dan bambu

Sangat umum dalam budaya Jepang untuk menggunakan elemen kayu di seluruh rumah atau hanya menambahkan tekstur kayu di berbagai ruangan. Kayu dan Bambu memiliki peran integral dalam menciptakan rumah gaya Jepang.

Kedua bahan ini memberikan tampilan sederhana cocok dengan lingkungan yang diterangi oleh cahaya alami. Ada efek menenangkan yang dibawa oleh bahan-bahan ini dan dapat mengubah suasana rumah.

4. Bak berendam

Bak berendam di Jepang sebagian besar terbuat dari kayu, tetapi ada juga yang dibuat dari bahan lain seperti polyester dan akrilik. Bak ini dirancang secara ergonomis, memiliki banyak manfaat untuk relaksasi. Bak berendam ala Jepang merupakan tambahan yang bagus untuk meningkatkan gaya rumah minimalis.

5. Pencahayaan alami dan ruang terbuka

Konsep dasar dibalik rumah minimalis adalah memiliki lebih banyak ruang beraura positif, yang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam rumah. Cahaya tidak hanya menerangi rumah, tetapi juga membawa pemandangan yang tenang.

Bahkan jika Bunda memiliki rumah minimalis yang kecil, kita dapat menggunakan ruang secara efisien dengan menggunakan barang-barang furnitur lebih sedikit. Simpan barang yang benar-benar diperlukan dan biarkan diri menikmati ruang terbuka.


6. Warna populer dalam rumah minimalis gaya Jepang

Rumah gaya Jepang yang minimalis biasanya menampilkan warna-warna netral seperti putih, hijau, coklat, dan hitam. Warna-warna ini berasal dari unsur alami kayu, tanaman, dan bahan alami lainnya.

Lantai bisa dibuat dari batu abu-abu atau kayu. Desain dan warna yang sederhana dapat dengan mudah dimasukkan ke dalamĀ rumah dengan menggunakan dinding dan lantai yang terbuat dari kayu. Menambahkan tanaman juga dapat meningkatkan aura rumah minimalis, Bun.

Bunda, simak juga ide dekorasi kamar tidur modern minimalis di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi