sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Menggoreng agar Tak Boros Minyak

Annisa Karnesyia Selasa, 17 Mar 2020 05:20 WIB
Salah satu masalah dalam menggoreng adalah sering boros minyak. Simak 7 tips berikut agar Bunda bisa menghemat minyak saat menggoreng makanan ya. caption
Jakarta - Semakin sedikit menggunakan minyak goreng, semakin hemat juga pengeluaran kita ya, Bun? Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana cara tepat menghemat minyak goreng.

Sebenarnya banyak cara bisa dilakukan untuk menghemat minyak goreng. Misalnya dengan menggunakan teknik khusus atau mengganti minyak dengan bahan lain.


Dilansir berbagai sumber, berikut 7 tips menggoreng agar tak boros minyak. Catat ya, Bunda!


1. Gunakan wajan anti-lengket

Wajan anti-lengket bisa menjadi solusi bagi Bunda yang ingin menghemat minyak. Saat menggoreng dengan wajan anti-lengket, tidak perlu menggunakan banyak minyak. Bun.

Namun, pilihlah jenis wajan yang aman. Terutama dari jenis perfluorooctanoate (PFOA) dan perfluorooctane sulfonate (PFOS).

"Paparan PFOA dan PFOS pada makanan dapat meningkatkan trigliserida dalam tubuh yang pada akhirnya membuat seseorang berisiko terkena penyakit tiroid, hati, ginjal, hingga jantung," kata dr.Ledy Kumala Dewi dari RS Dharmais, dikutip dari detikcom, Senin (16/3/2020).

2. Gunakan metode pan fry

Metode pan fry menggunakan sejumlah kecil minyak yang dimasukkan ke wajan atau panci. Minyak dipanaskan dan kemudian makanan bisa digoreng.

Dilansir The Spruce, menggoreng dengan metode pan fry artinya makanan tidak digoreng terlalu lama. Sebab, makanan akan cepat berubah warna dan matang, Bun.

3. Gunakan cooking spray

Cooking spray adalah bentuk lain dari minyak yang tidak ditaruh di wajan untuk dipanaskan. Biasanya minyak ada di dalam kaleng semprot.

Selain minyak, ada bahan kimia yang terkandung dalam cooking spray. Cairan yang keluar saat disemprot ke makanan di wajan akan mencegah makanan itu lengket. Selain irit minyak, beberapa produk menawarkan bahan yang bebas kalori.

Menggoreng dengan cooking sprayMenggoreng dengan cooking spray/ Foto: Getty Images/iStockphoto/DGLimages

4. Gunakan air fryer

Air fryer adalah alat masak khusus untuk menggoreng atau bentuk kecil dari oven. Bentuknya mirip dengan magic cooker, Bun.

Air fryer paling cocok digunakan untuk menggoreng sayuran atau memasak daging. Beberapa alat bahkan menggoreng otomatis tanpa menggunakan minyak. Tentunya hal ini bisa menjadi cara menggoreng yang tak boros minyak ya.

5. Ganti minyak dengan margarin

Jika Bunda hanya ingin menggoreng dengan menumis saja, bisa ganti minyak dengan margarin. Sedikit margarin sudah membuat rasa masakan menjadi gurih. Tentu saja, kita bisa menghemat minyak goreng.

6. Gunakan minyak lebih dari sekali

Saat menggoreng, kita tidak harus selalu menggunakan minyak baru. Minyak yang baru bisa digunakan untuk menggoreng makanan yang tak berbau, sehingga minyak tidak rusak.

Minyak sisa sebaiknya disaring dan disimpan dengan baik sebelum dipakai kembali. Namun, sebaiknya jangan digunakan berulang-ulang karena tidak baik untuk kesehatan.

"Sebaiknya teliti dulu warna minyak sebelum digunakan, jangan gunakan jika warnanya gelap atau hitam. Minyak juga harus dibuang jika berbau tengik, kental, atau lengket," ujar Pakar nutrisi dari Raffles Diabetes & Endocrine Centre Singapura, Bibi Chia, dikutip dari Asia One.


7. Menggoreng diganti dengan memanggang

Memanggang beberapa jenis makanan yang digoreng bisa menjadi pilihan menghemat minyak. Misalnya, memanggang terong agar tak lembek, atau membuat keripik dengan dipanggang melalui oven.

Bunda tak perlu khawatir dengan kualitas dan rasa ya. Rasanya masih sama kok dengan makanan yang digoreng.

Simak juga tips menggoreng pisang agar crispy, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi