Sign Up search


moms-life

Cara Membuat Susu Kedelai Ala Rumahan

Haikal Luthfi Selasa, 24 Mar 2020 10:31 WIB
Cara Membuat Susu Kedelai Ala Rumahan Ilustrasi susu kedelai/ Foto: Istimewa
Jakarta -

Selain tahu dan tempe, kacang kedelai dapat menghasilkan produk olahan lain berupa minuman. Ya, tak lain adalah susu kedelai!

Minuman yang satu ini memang digemari masyarakat. Rasanya yang enak, juga menyehatkan. Kandungan gizi yang dimiliki susu kedelai ternyata hampir sama dengan susu sapi. Tak ayal, sebagian orang memilih mengonsumsi susu kedelai. Di samping harganya relatif murah, susu kedelai merupakan alternatif bagi orang yang alergi pada susu sapi.

Mengonsumsi susu kedelai tidak serta merta membeli produk yang sudah jadi. Bunda, bisa membuat susu kedelai sendiri di rumah, yang tentunya lebih sehat dengan takaran bahan yang bisa bunda atur sendiri. Namun perlu diketahui, tak jarang rasa susu kedelai menjadi langu karena proses pembuatan yang kurang tepat.

susu kedelaisusu kedelai/ Foto: Istimewa

Mengutip dari laman detikfood, cara membuat susu kedelai enak ala rumahan bisa Bunda lakukan, dengan cara sebagai berikut:

Bahan yang diperlukan

1/2 kilogram (kg) biji kedelai

5 liter air mineral

3 sendok makan (sdm) gula

1 sendok teh (sdt) garam

3 lembar daun pandan

Proses pembuatan

  • Cuci bersih biji kedelai kemudian rendam biji kedelai dengan air selama 8 jam. Kemudian, cuci lagi dan buang kulitnya.
  • Blender biji kedelai yang sudah direndam dengan 5 liter air mineral. Lalu saring dengan kain katun tipis yang bersih sebelum direbus.
  • Rebus susu kedelai dengan api sedang. Selanjutnya, masukkan pula gula dan daun pandan. Aduk terus hingga mendidih.
  • Saring susu kedelai menggunakan kain katun bersih.
  • Susu kedelai siap disajikan.
Nah dengan mengetahui bahan dan cara membuatnya, Bunda bisa memulainya membuat susu kedelai di rumah. Selain menyehatkan, juga baik dikonsumsi bagi Bunda yang sedang menjalankan program diet, lho.




Bunda bisa simak bikin camilan anak dari susu kedelai di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(haf/haf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi