sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Mendesain Ruangan di Rumah Minimalis agar Terlihat Fungsional

Annisa Karnesyia Jumat, 20 Mar 2020 05:00 WIB
3 Tips Mendesain Ruangan di Rumah Minimalis agar Terlihat Fungsional caption
Jakarta - Membangun dan mendesain rumah minimalis artinya Bunda harus meninggalkan benda-benda yang tidak fungsional. Meski begitu, kita harus membuat semuanya terlihat berguna secara maksimal.

Konsep rumah minimalis kerap disamakan dengan hidup simple. Furnitur dan barang di dalam rumah juga biasanya dipilih yang minimalis, Bun.


"Kesederhanaan adalah pusat kebutuhan manusia dalam desain yang minimalis," kata Dr.Hatice Ozhisar, founder HaticeXInterior, dikutip dari laman resminya, Kamis (19/3/2020).


Bunda bisa kok mendesain rumah minimalis agar ruangan dan furnitur terlihat fungsional. Entah kita menggunakan gaya modern, tradisional, maupun japandi, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya.

Dilansir beberapa sumber, berikut 3 tips mendesain rumah minimalis agar terlihat maksimal dan fungsional:

1. Jaga warna tetap netral

Interior minimalis adalah tentang menciptakan tampilan yang sederhana dan bersih. Pilihlah warna yang bisa mewujudkan impian Bunda, misalnya palet monokrom.

Jika Bunda ingin membangun ruang dengan warna netral seluruhnya, penting untuk menambahkan variasi yang cukup agar ruangan tidak terlihat homogen. Tujuannya agar terlihat fungsional dan tidak membosankan.

Kuncinya adalah perbandingan 60:30:10. Pilihlah satu warna dominan untuk ruangan, sedangkan yang kedua sebagai warna sekunder dan ketiga sebagai aksen.

Ilustrasi ruang tamu ruamh minimalisIlustrasi ruang tamu rumah minimalis/ Foto: iStock

2. Fokus pada furnitur

Di ruangan rumah minimalis, furnitur adalah kunci utama. Jangan takut untuk berinvestasi pada barang-barang berkualitas yang bisa bertahan lama.

Fokuslah memilih furnitur yang mengusung nuansa minimalis. Pilihkan garis-garis sederhana dan bersih. Bila memungkinkan, gunakan furnitur dari bahan-bahan alami ya.


3. Mencampur tekstur

Penting untuk menambahkan variasi tekstur agar ruangan terlihat menarik. Dalam hal interior, tekstur adalah tentang menghitung berat visual dan melihat fungsinya.

Saat mendesain ruangan di rumah minimalis, fokuslah menggunakan tekstur untuk menciptakan kontras di beberapa tempat. Misalnya, karpet yang terlihat mewah dipadukan dengan meja kopi sederhana.

Bunda, simak juga ide dekorasi kamar tidur rumah minimalis, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi