sign up SIGN UP search


moms-life

Sudah Tepatkah Tata Cara Bunda Bersuci & Mandi Wajib Usai Haid?

Kinan Jumat, 27 Mar 2020 14:42 WIB
Setelah selesai haid, Bunda diwajibkan kembali menyucikan diri dengan mandi besar. Seperti apa tata cara melakukannya yang tepat? caption
Jakarta - Apabila siklus haid sudah selesai, untuk kembali melakukan ibadah lain seperti salat atau puasa Bunda diharuskan untuk bersuci terlebih dahulu. Caranya yakni dengan mandi besar.

Tapi tidak sekadar mandi, memakai sabun dan keramas saja ya, Bun. Ada tata cara dan aturan tentang mandi setelah haid untuk bersuci.


Dikutip dari buku Perempuan Bertanya, Fikih Menjawab, cara bersuci atau mandi selepas haid sama dengan mandi wajib lainnya. Pada intinya, Bunda harus benar-benar membersihkan sisa darah yang mungkin masih tersisa di organ intim.


"Hendaklah salah satu dari kalian mengambil air dan daun bidara, lalu bersihkan dengan sebersih-bersihnya. Lalu tuangkan air di atas kepalanya dan gosok-gosokkan sampai terasa di kulit kepala, lalu tuangkanlah air." (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW, Maimunah RA menceritakan cara mandi wajib. "Beliau memulainya dengan berwudu, lalu mencuci tangan kanannya dengan tangan kirinya sebanyak dua atau tiga kali, lalu mencuci kemaluannya, kemudian meletakkan tangan di lantai atau dinding, berkumur dan memasukkan air ke hidung, mengeluarkannya, lalu membasuh wajah dan tangannya, menyiram tubuhnya dengan air, kemudian menggosok-gosok badannya, lalu menunduk untuk mencuci kedua kakinya." (HR Bukhari)

Sudah Tepatkah Tata Cara Bunda Bersuci & Mandi Wajib Usai Haid? Ilustrasi wanita salat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/isa_ozdere

Jadi, cara mandi wajib bisa disimpulkan yakni sebagai berikut:

1. Membaca niat membersihkan hadas besar

2. Membersihkan organ intim dengan air dua atau tiga kali

3. Memukulkan tangan ke lantai atau dinding sebanyak tiga kali

4. Berwudu seperti hendak melaksanakan salat. Atau kita boleh menunda untuk membasuh kedua kali sampai selesai mandi

5. Menyiramkan air sebanyak tiga kali ke atas kepala sembari menyisir rambut dengan jari tangan. Ini supaya air sampai ke akar rambut dan kulit kepala

6. Mengalirkan air ke seluruh tubuh yang dimulai dari sebelah kanan, lalu sebelah kiri. Bagian-bagian tubuh yang terlindung seperti ketiak, pusar, lekukan telinga, sela jari, serta lipatan-lipatan tubuh juga harus terkena air.

Bunda, simak juga kiat mengenalkan agama pada anak, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(Kinan/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi