sign up SIGN UP search


parenting

Cara Mudah Atasi Anak Malas Cuci Tangan, Coba Eksperimen Unik Ini

Melly Febrida Kamis, 19 Mar 2020 17:51 WIB
Mengajak anak kecil cuci tangan itu enggak mudah. Tapi, Bunda bisa membuka matanya dengan melakukan percobaan alias eksperimen sederhana dan unik ini. caption
Jakarta - Cuci tangan kini begitu penting di tengah wabah virus Corona. Tapi, mengajarkan anak-anak untuk rajin cuci tangan bukan hal mudah. Apalagi balita, yang seringnya nangis pakai drama sampai kejar-kejaran, saat diajak cuci tangan.

Nah, saat ini Bunda jangan heran kalau anak berulang-ulang menanyakan, apa itu virus Corona dan kenapa harus sering-sering mencuci tangan pakai air dan sabun.


Dikatakan Amanda Lorenzo, guru prasekolah di Miami, Amerika Serikat (AS), hingga kini ia masih mencari cara untuk menjelaskan tentang segala hal yang berhubungan dengan Corona kepada anak-anaknya.


Tapi, dengan adanya percobaan sains cepat dan mudah yang telah viral di Instagram, setidaknya membantu untuk menjawab pertanyaan tentang pentingnya mencuci tangan.

Seperti apa eksperimen tersebut? Begini cara kerjanya, mengutip Pop Sugar:

1. Isi piring dengan air dan kemudian taburkan merica atau lada kering di atasnya.

2. Masukkan jari ke dalam air. Perhatikan bagaimana jari tertutup lada.

3. Lapisi jari lain dengan sabun cuci tangan dan kemudian masukkan ke dalam air. Saksikan saat lada akan menjauh.

Ajari anak cuci tanganAjari anak cuci tangan/ Foto: Getty Images/andresr
"Aku berharap kalian semua bisa melihat betapa terkejutnya mereka saat 'virus' menjauh dari sabun," tulis Lorenzo dalam keterangannya. "Sangat menyenangkan dan sangat informatif!"

Lorenzo juga bilang, ia mencoba eksperimen itu bersama anak-anak berusia 3 dan 5 tahun. Mereka berdua takjub ketika melihat jari yang dilapisi sabun mengusir lada.

Nah, bagi Bunda yang kesulitan mengajak anak cuci tangan bisa mencoba eksperimen ini. Bahan yang dibutuhkan juga sederhana, yakni hanya air, lada, dan sabun. Bunda hanya perlu waktu kurang dari dua menit untuk menyiapkannya.

"Tetapi bagian mana yang terbaik? Anak-anak saya jauh lebih bersemangat untuk mencuci tangan daripada sebelumnya," ujar Lorenzo.

Tentang pentingnya mencuci tangan, mengutip Everyday Health, Samuel N., direktur medis di Universitas Illinois di Chicago mengatakan, mencuci tangan dapat menghilangkan bakteri. Tak masalah menggunakan sabun apapun, asalkan cuci tangan dilakukan dengan tepat.

"Sabun merupakan media untuk menjebak kuman seperti virus dan bakteri, lalu dengan menggosokkan tangan Anda bersama-sama di bawah air, kuman itu kemudian pergi karena dibilas oleh air," tegasnya.


Ya, karena virus Corona sedang mewabah, mencuci tangan pakai air dan sabun memang tak boleh dilewatkan. Apalagi sekarang anak-anak sedang libur sekolah dan belajar online di rumah.

Percobaan lada versus sabun tadi tentu jadi pilihan tepat untuk mengisi waktu anak di rumah. Pas banget kalau Bunda juga sedang work from home (WFH). Anak-anak pasti suka dan enggak mati gaya.

Selamat mencoba ya, Bunda.

Simak juga yuk, tips mencuci tangan yang efektif membasmi kuman, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi