Sign Up search


moms-life

Teh Daun Kelor, Minuman yang Sarat Manfaat Bagi Kesehatan

Haikal Luthfi Kamis, 26 Mar 2020 05:40 WIB
Teh Daun Kelor, Minuman yang Sarat Manfaat Bagi Kesehatan Ilustrasi teh daun kelor/ Foto: Thinkstock
Jakarta -

Apakah Bunda termasuk penikmat teh? Ya, minuman yang satu ini memang memiliki aroma yang harum dan khas, menjadikan teh sebagai minuman yang digemari oleh masyarakat. Banyak cara untuk merasakan nikmatnya secangkir teh. Entah ditambah gula, agar rasanya manis ataupun dibiarkan tawar. Bisa dinikmati dingin ataupun panas, semua kembali lagi ke selera. Menyeruput secangkir teh juga bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Sehingga teh menjadi minuman yang cocok untuk melepas penat sejenak di kala kesibukan yang kadang menyita.

Secara umum teh dikenal dengan 4 jenis, yaitu teh hitam, teh hijau, teh oolong, dan teh putih. Semua jenis tersebut berasal dari tanaman yang sama yakni dari daun tanaman Camellia Sinensis. Yang membedakan hanya pada prosesnya. Daun teh tersebut mengalami proses oksidasi yang berbeda beda. Namun ternyata teh juga bisa diperoleh dari tanaman lain lho, Bun. Tanaman yang dimaksud adalah tanaman moringa atau lebih dikenal dengan kelor. Tanaman kelor berasal dari India dan tumbuh di Asia. Tanaman ini sering disebut pohon ajaib karena setiap bagian tanaman kelor dapat diperoleh manfaat, termasuk daunnya. Nah, daun kelor inilah yang dapat dimanfaatkan menjadi olahan teh.

daun kelordaun kelor/ Foto: Ari Saputra

Teh daun kelor atau teh kelor merupakan teh herbal yang bebas kafein, sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Berdasarkan Departemen Pertanian di Amerika Serikat (USDA), daun kelor yang telah dikeringkan mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Mengandung juga nutrisi penting dalam jumlah tinggi seperti beta-karoten dan asam amino. Oleh karena itu mengonsumsi teh daun kelor memiliki manfaat bagi tubuh. Mengutip dari laman Organic Facts, terdapat manfaat kesehatan meminum teh kelor, antara lain:

1. Menurunkan berat badan

Teh kelor kaya dengan nutrisi sehingga mampu menambah metabolisme, membakar kalori, menyeimbangkan kadar gula, dan meningkatkan energi. Itu sebabnya mengapa secangkir teh kelor kerap kali sebagai tambahan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

2. Penambah energi

Selama bertahun-tahun, teh kelor dianggap mampu meningkatkan vitalitas dan kesehatan secara menyeluruh, serta tidak mengandung gula atau kafein.

3. Penangkal inflamasi


Inflamasi atau peradangan dapat diatasi dengan mengonsumsi teh kelor. Membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, seperti menghilangkan rasa sakit dan demam. Hal Ini menjadi salah satu alasan utama mengapa kelor di beberapa negara dianggap sebagai 'obat untuk segala penyakit'.

4. Sumber antioksidan

Teh kelor memiliki antioksidan yang tinggi yang membantu menangkal radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif (keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas). Para peneliti menemukan bahwa daun kelor, sebagaimana bahan baku teh kelor, mengandung polifenol, flavonoid, dan asam askorbat.

5. Perawatan kulit

Dengan kadar konsentrasi vitamin C dan bioflavonoid yang tinggi, teh kelor adalah minuman yang sangat bernutrisi bagi kulit. Merupakan minuman anti aging yang mampu meningkatkan produksi kolagen, menangkal radikal bebas, mengurangi pembentukan garis-garis halus, dan meningkatkan kelembaban serta keremajaan kulit. Selain itu, minuman ini juga dapat membantu menghilangkan jerawat.

6. Menambah sistem kekebalan tubuh

Tingginya kadar asam askorbat dan antioksidan lainnya pada teh kelor menjadikannya cara terbaik untuk membantu melindungi dari gejala flu dan pilek. Kandungan vitamin C merangsang untuk memproduksi sel darah putih yang bertindak sebagai antioksidan untuk memperlambat stres oksidatif yang mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

7. Membantu mencegah diabetes

Pada bubuk kelor, terdapat senyawa yang mampu menurunkan gula darah dan kolesterol, yang penting bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko terkena diabetes. Asam klorogenat dalam kandungan teh kelor memungkinkan dapat membantu memberikan proteksi alami terhadap penyakit diabetes.

8. Sebagai obat pencernaan

Sifat anti-inflamasi dari teh kelor menjadikannya ideal untuk mengatasi gangguan pada perut, meredakan diare dan gejala sembelit. Secara umum, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Sementara, efek anti bakteri nya membantu menyeimbangkan flora usus sehingga usus bekerja lebih efisien, sekaligus menghilangkan kelebihan gas, kram, dan kembung.

9. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan potasium menjadikan minuman ini sumber yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

10. Mempercepat penyembuhan

Vitamin C dalam teh kelor tidak hanya baik untuk sistem kekebalan tubuh, tetapi juga untuk pembentukan sel-sel baru dalam tubuh. Tingginya kadar asam askorbat yang berarti lebih banyak menciptakan kolagen dan pengurangan waktu pembekuan darah. Ini menghasilkan penyembuhan yang lebih cepat, terutama bagi seseorang yang baru pulih dari cedera atau penyakit yang berkepanjangan.

11. Meningkatkan daya ingat

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh kelor memiliki kemampuan untuk mengatur kadar neurotransmitter, yang dapat mempengaruhi daya ingat.

12. Meredakan kram saat menstruasi

Meminum secangkir teh kelor dapat membantu meringankan kram, mual, kembung, perubahan mood, dan migrain selama siklus menstruasi, menurut praktisi pengobatan tradisional.

13. Meningkatkan gairah seks

Tanaman kelor telah digunakan sebagai obat alami untuk meningkatkan libido wanita dan pria. Dalam pengobatan tradisional, kelor telah digunakan untuk mengobati disfungsi seksual, disfungsi ereksi, dan meningkatkan gairah seks secara menyeluruh.

14. Perawatan rambut

Teh kelor memiliki kadar zat besi, vitamin C, vitamin B-kompleks, dan semua asam amino esensial dari protein. Nutrisi ini membantu meningkatkan pertumbuhan dan pemeliharaan rambut serta mencegah ketombe.



Simak juga Bun, ragam manfaat teh untuk ibu hamil pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]






(haf/haf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi